Bang Joni, Temen Gue yang Tugasnya Mencari Tiket Pesawat Murah

Jujur, nih, sebagai yang suka jalan-jalan, seringnya nanya harga tiket, apa cari informasi sendiri di internet?

Pasti nanya, kan, ya. Lebih cepat dapat hasil, soalnya, meskipun nggak pasti.

Kalau iya, kamu cocok, nih, temanan sama Bang Joni. Mencarikan tiket murah, adalah alasan dia ada di dunia ini. Nggak bolek kesal, lagi, kalau ada yang banyak nanya. Hehehe…

Siapa, sih, Bang Joni?

Mahluk yang digambarkan sebagai seorang pria (makanya dipanggil Bang) ini adalah sosok virtual yang bisa ditanya-tanya lewat Line Messenger. Tampangnya ramah dan tampilannya rapi kekinian, dengan jambul lentik ke samping. Andai bisa ngomong, mungkin suaranya terdengar renyah di telingah. Salah satu tugas utamanya adalah mencarikan tiket pesawat murah kemanapun kamu pergi.

Mhm…

Coba search @bangjoni (pakai @) di Line, pasti langsung nongol.

Pengalaman saya, begitu di-add, dia sangat ramah menyapa dan menanyakan nama panggilan serta asal saya. Centil, emang.

Awalnya, saya juga tidak percaya ada layanan semacam ini. Masa bisa ngobrolin harga tiket. Tapi, daripada penasaran, saya iseng coba. Kebetulan, habis lebaran nanti punya banyak rencana jalan-jalan, tapi harus sesuai budget. Maklum, backpacker irit. Destinasi traveling disesuaikan dengan harga tiket.

Edunnn, respon Bang Joni kilat banget. Nggak sempat ngedip, sudah ada balasannya. Begitu saya tulis minta dicariin tiket pesawat, dia langsung nyambar dengan percaya dirinya.

“Nyari tiket pesawat murah? Emang paling bener deh nanya sama gue :D”

Serius, Bang? Langsung, jempol saya menari, mengetik nama kota yang ingin saya tuju sebagai tempat rehat dari urusan kantor.

“Tolong cariin tiket” lanjut saya, mencoba sok akrab.

“Tiket apa nih?”

“Bengkulu ke Labuan Bajo” Saya emang tinggal di Bengkulu. Jadi, sekalian aja, biar tahu berapa biayanya, karena sudah pasti transit itu.

Jawabannya membuat saya mengerut dahi. Terus, muncul fitur berisi layanan apa saja yang bisa diberikan Bang Joni selain mencarikan tiket pesawat. Perhatian saya jadi teralih.

Saya coba lagi dengan mengetik asal.

“Tiket ke Lombok”

Bang Joni mengaku belum diajarkan bahasa itu. Bingung saya dibuatnya. Saya coba chatting lagi.

“Tiket ke Jakarta”

Eh, Bang Joni minta maaf, bilang masih belajar bahasa manusia. Sopan, tapi saya ketawa, dibuatnya.

Dalam kebingungan, saya diamkan Bang Joni sembari mempelajari isi obrolan kami.

Aha! Saya baru ngeh. Rupanya, dari tadi Bang Joni sudah memberikan alternatif penerbangan yang paling banyak dicari orang. Besar-besar tulisannya, malah, misalnya Medan, Surabaya, Denpasar, dan Lombok. Munculnya setelah pertanyaan saya yang ada kata pesawat. Dasar saya yang belum mudeng.

Kalau kota-kota tersebut sesuai dengan yang dimau, klik Pilih yang ada di bagian bawahnya. Kalau tidak, tersedia kotak TUJUAN LAIN yang ada gambar Bang Joni, dan klik kata Pilih Destinasi Lain, nanti akan langsung dialihkan ke halaman pencarian penerbangan.

Di laman inilah saya bisa memilih kota berangkat dan kota tujuan yang saya mau, tanggal pergi dan pulang, serta jumlah penumpang. Begitu selesai, langsung klik kotak kuning, CARI TIKET. Dalam sekejap, sambil menatap mesra wajah Bang Joni yang matanya berkedap-kedip kiri dan kanan, terpampanglah jadwal penerbangan dari skyscanner, lengkap dengan nama maskapai dan ongkosnya. Pilih, deh, harga yang sesuai kantong.

Setelah paham cara kerjanya Bang Joni, saya mencoba gonta-ganti destinasi dan tanggal liburan. Karena biaya Bengkulu – Jakarta bisa diprediksi, saya sengaja mencari tiket dari Jakarta, misalnya Jakarta – Labuan Bajo, Jakarta – Lombok, atau Jakarta – Banyuwangi. Gampang banget, ternyata. Cepat, pula. Bisa irit kuota dibuatnya. Emang keren, nih, Bang Joni. Boleh, deh, jadi temen gue.

Pantas banget slogannya Bang Joni: Pesennya cepet, nggak pake ribet! Dedek jadi senang dibuatnya. Cari tiket bisa lewat chatting. Selain itu, sebagai pelopor industri chatbox di Indonesia, Si Abang available kapan saja, termasuk di hari libur. Asyik, kan, ya.

Yuk, ah, cari tiket pesawat lewat temen gue, Bang Joni!

 

20 comments Add yours
  1. Wah.., keren udah sekarang ya! semua ada aplikasinya, nggak perlu repot2 lagi nanya sana sini, cuman dalam genggaman dapat semua informasinya. Terima kasih infonya mbak, saya cobalah tanya bang Joni, rencana target destinasi saya tahun ne, Yogyakarta, Makasar, dan Malaysia.

  2. Saya ga install Line jadi ga kenal deh sama Bang Joni . Taunya layanan yang mirip adalah Mister Aladin. Tapi bolehlah kalau nanti minta dicariin sama Bang Joni. Alternatif nya jadi banyak deh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *