Lebaran Menjelang, Saatnya Bermain dengan Pengaduk dan Pengocok

Sekitar dua minggu sebelum puasa, sebuah pesan masuk di grup WhatsApp mengabarkan bahwa si pengirim open order nastar untuk lebaran. Selanjutnya dia mengirimkan contoh barang yang masih kinclong, fresh from the oven.

Belum juga semenit, thread tersebut disambar oleh ibu-ibu di grup.

“Aku satu toples, ya.”

“Aku juga mau!”

“Berapaan setoplesnya?”

“Ada kue apa lagi?”

Ini baru satu grup. Belum di grup WA lain, dan media sosial.

Itu belum mulai puasa, lho, sudah heboh sama kue. Apalagi saat mendekati lebaran.

Heran memang, Ramadan selalu identik dengan kue-kuean. Mau kue apa saja, seolah gampang ditemukan. Bahkan obrolan sehari-sehari nggak jauh dari persiapan menu sahur, buka puasa, dan menu hari raya. Saya yang masih sendiri ini cuma menimpali sedikit-sedikit. Urusan beginian adalah urusannya mama.

Siap-siap bikin kue.

Setiap lebaran, kalau mama lagi mood bikin kue, bagian saya adalah mengaduk adonan. Pakai alat, pastinya, bukan tangan. Takaran dan bahan-bahannya cuma mama yang paham. Rumah jadi wangi aroma susu, telur, dan mentega.

Mixer CM 1579

Sekarang di rumah ada Mixer CM 1579 keluaran Cosmos. Yang unik sekaligus yang membuat saya suka dengan mixer ini adalah tersedianya wadah (container) untuk menyimpan besi pengaduk dan pengocoknya, sehingga bisa tetap bersih.

Wadah penyimpanan ini terbuat dari bahan yang tidak mudah pecah. Ini bagus banget buat yang dapurnya tertata apik. Kotaknya bisa dibuang, dan mixer-nya disimpan di lemari. Ketika dibutuhkan, pengaduk dan pengocoknya langsung terlihat karena wadahnya transparan.

Mixer CM 1579 dilengkapi dengan sepasang pengaduk (beaters) dan sepasang pengocok (dough hooks). Setiap gagangnya sangat mudah dibedakan mana yang kiri dan kanan saat memasangnya di lubang mixer yang bentuknya juga berbeda antara kiri dan kanan Salah satu gagang pengaduk dan pengocok itu dipasang semacam aksesori terbuat dari plastik yang disesuaikan dengan bentuk lubangnya. Jadi nggak perlu bingung saat akan digunakan.

Mixer CM 1579, produk Cosmos yang apik dengan wadah penyimpan pengaduk dan pengocoknya.

Semua tombol yang terpasang di gagang mixer sangat gampang dijangkau dengan jempol saat mixer sedang digunakan. Turbo knob mencapai 1350 RPM, sehingga tingkat kehalusan adonan yang diinginan lebih maksimal dan efisien.

Ada 5 level kecepatan untuk mengaduk (5 variable speed level). Cara menggunakannya hanya tinggal digeser-geser saja, sesuai dengan kecepatan yang diinginkan. Ketika ingin melepaskannya, tinggal ditekan saja tombol yang ada di atasnya.

Terakhir, mixer ini juga dilengkapi dengan thermostat overheat protection yang merupakan pelindung saat suhu motor melebihi ambang batas panas yang ditentukan. Pelindung ini akan memutuskan aliran listrik, dan terdiam sebentar. Fungsinya agar motor tetap awet. Jadi tidak perlu panik kalau mixer mati tiba-tiba. Ulangi saja menyalakannya.

Cara membersikannya super gampang. Mixer tinggal dilap kain, pengaduknya bisa langsung dicuci dengan air dan sabun. Taruh di dalam wadahnya kembali, dan simpan di lemari secara lengkap.

Kalau mau yang lebih komplit dengan mangkuk pengaduk juga ada, jenisnya mixer CM 1589. Kalau punya yang begini, bisa bikin kue sendirian. Adukan bisa ditinggal untuk menyiapkan bahan lainnya.

Memikat banget, ya, mixer Cosmos ini. Nggak heran kalau dianggap sebagai mixer terbaik saat ini. Semua jenis mixer bisa dibeli secara offline di toko-toko elektronik dan supermarket, serta secara online di marketplace, seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

Selain mixer, tentunya masih banyak produk Cosmos lainnya yang bisa dipilih. Sebelum membeli, ada baiknya mengintip laman situs resmi Cosmos: www.cosmos.id terlebih dahulu. Selain alat-alat pelengkap kebutuhan berkreasi di dapur, di website ini tersedia juga resep-resep masakan, jadi bisa langsung dipraktikkan.

Kalau sudah tahu mau masak apa, tentunya bukan cuma kue lebaran yang bisa disiapkan dengan mixer Cosmos ini, kue-kue atau masakan untuk menu berbuka puasa dan makan sahur pun bisa dibuat dengan sangat gampang.

Mari menikmati Ramadan dan  menyambut lebaran bersama Cosmos!

1 Reply to “Lebaran Menjelang, Saatnya Bermain dengan Pengaduk dan Pengocok”

  1. Duh udah lama banget gak bikin kue-kue lagi. Jaman masih sekolah, tiap menjelang Lebaran pasti bikin kue sama ibuku, sama tuh langganan pake Cosmos juga emang bagus dan awet sih. Jadi pengen bikin-bikin lagi tapi magerrrr kalau sendirian hahahaha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *