Lebih Semangat Ngeblog karena si Ringan ASUS E202

Sebagai yang sedang merintis karir menjadi travel blogger, notebook minimalis adalah benda yang paling saya idam-idamkan saat ini. Bukannya sekarang tidak punya komputer. Ada laptop, tapi ukurannya 13 inci dan beratnya sekitar 3 kg. Berat, membatasi gerak saya kalau dibawa-bawa keluar rumah.

Makanya sering saya tinggal, dan aktivitas ngeblog tidak seperti yang banyak dibilang orang, bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Di ponsel bisa juga sebenarnya, tapi saya kurang nyaman mengetik panjang di layar semini itu. Paling catat poin-poin penting saja yang nanti bakal dikembangkan menjadi blogpost. Tapi, ini jarang saya lakukan lantaran malas kerja dua kali, maunya langsung menulis paragraf. Kalau sudah begitu, terpaksa, idenya diendap dulu di dasar kepala, terus lupa.

Kalau punya laptop yang lebih ringan, enak. Bisa dibawa traveling dan bisa langsung ngeblog atau nulis di word dulu, nanti dipindah ke blog. Kalau ada Wi-Fi, bisa ngecek email dan media sosial. Siapa tahu ada job yang langsung bisa dieksekusi. Ide tertuang, saldo tabungan bertambah.

Begitulah kira-kira kenapa saya membutuhkan komputer jinjing yang lebih kecil dan fleksibel. Agar bisa produktif ngeblog.

Adalah ASUS Eeebook E202 yang sedang saya incar saat ini. Alasannya:

1. Desain

Teringat apa yang menjadi pertimbangan saya dalam membeli tas belum lama ini. Apakah laptop saya muat? Alhasil, beli tasnya ditunda.

Tampilan ASUS E202 sesuai seperti yang saya bayangkan, tipis dan tidak terlalu besar. Dengan dimensi 193 x 297 mm, atau sekitar 12 inci, atau seukuran kertas A4, akan pas dimasukkan ke dalam tas tenteng. Tampilan di layar masih nyaman di mata, serta tidak merusak tas cantik karena dipaksa muat.

Selain ukurannya yang sreg di hati, warna-warna yang tersedia juga tak kalah ekspresif: silk white, dark blue, lightning blue dan red rouge. Kalau ada yang mau menghadiahkan, terserah warna apa saja, saya terima. Tapi, kalau boleh milih, maunya silk white yang terkesan elegan.

2. Ringan

Bobotnya hanya 1,21 kg. Enteng banget dibawa kemana-mana.

Ceritanya, selain getol sebagai blogger, aktifitas utama saya adalah pegawai kantoran. Tidak jarang, jika tidak ada kesibukan di ruangan, saya sok rajin di depan laptop. Yang melihat, mikirnya saya sedang bikin laporan atau apalah, terkait pekerjaan, padahal ngeblog.

Namun, saya sering malas membawa laptop pribadi karena lumayan berat. Mau pakai komputer kantor, mesti sabar kalau sebentar-sebentar ada yang mau pakai. Akibatnya, blog jarang di-update.

Kalau punya ASUS E202, saya yakin semangat bisa meningkat. Tidak hanya pas di rumah saya ngeblog atau belajar teknik perblogan, di manapun selama membawa ASUSE202, saya akan semangat nulis.

Saking ringannya, notebook ini fanless alias tanpa kipas, sehingga mesinnya bekerja sangat halus. Suara mesinnya nyaris tak terdengar. Sangat cocok dibawa kerja di perpustakaan dan di tempat-tempat yang butuh ketenangan.

3. Performa dan daya tahan baterai

Eeebook E202 ini menggunakan prosesor Intel®  hemat daya yang hadir dalam versi Windows 10 dan DOS. Performa ini didukung oleh fasilitas Wi-Fi terbaru, yaitu 802,11ac yang kecepatannya hampir 3 kali 802,11n. Dengan kelebihan ini, sangat memudahkan saya melakukan browsing, streaming video, mengetik, dan aktivitas lain yang bersentuhan dengan komputer. Jadi, gairah ngeblog dan belajar akan tetap stabil kalau proses download dan upload bisa cepat.

Tidak hanya itu, daya tahan baterainya hingga delapan jam, setara jam kerja kantor. Saya yang senang berwisata alam ke gunung atau ke pantai ini, bisa sambil membawa notebook, dan sepertinya tidak akan mengenal istilah low-bat. Mau ngeblog di puncak bukit, pinggir sawah, tepi pantai, atau taman, tidak masalah.

Selain leluasa mengoperasikannya di luar ruangan, notebook ini juga bisa menjadi penyemangat untuk hadir pada acara blogger. Kalau dari rumah sudah dicas penuh, tidak akan kelabakan di lokasi karena tidak kebagian colokan. Terus, seandainya ada lomba nge-twit, lebih efektif pakai notebook daripada di smartphone.

Meskipun terkesan minimalis, ASUS E2020 ini tetap dilengkapi dengan perangkat pendukung, seperti USB port 3.1 type C yang bisa mengisi ulang baterai 11 kali lebih cepat dari USV 2.0, sehingga bisa hemat waktu, serta tidak perlu bingung menggunakannya karena dapat dicolok dari berbagai arah dengan colokan reversible. Terpasang juga micro HDMI port dan slot microSD yang menunjang kegiatan komputasi sehari-hari.

Kelebihan lain, papan ketiknya menggunakan desain one-piece chiclet yang nyaman karena jarak antar tombol sekitar 1,66 mm. Pengaturan ini membuat tuts semakin kokoh dan tahan sampai 10 juta kali pengetikan.

Terakhir, touchpad atau mouse pada ASUS E202 ini sangat responsif layaknya smartphone, serta berukuran lebih besar sekitar 36% dari keypad pada laptop sejenis.

(Sumber: gadgetren.com/2016/11/09/harga-asus-eeebook-e202/)

4. Kaya fitur

ASUS E202 memiliki fitur dua kualitas audio terbaik dengan speaker menghadap depan sehingga dapat menikmati video dan musik dengan nyaman. Perpaduan teknologi ASUS Sonicmaster dan ASUS Golden Ear Team yang dihantarkan dengan software khusus ini mampu menghadirkan suara yang dalam dan jernih.

Bagi yang rutinitasnya selalu online, keluaran ASUS satu ini didukung oleh 16GB ASUS WebStorage yang bisa menyimpan dan mengelola berbagai jenis data dalam waktu singkat. Data tersebut dapat diakses kapanpun. Sinkron, kan, dengan aktivitas travel blogging yang sering meyimpan data untuk dipergunakan nanti-nanti.

5. Harga

Dengan kenyaman fasilitas, kecanggihan kapasitas, dan kemudahan mobilitas, notebook ini dibandrol kurang dari 4 juta rupiah. Nilai segini terhitung murah kalau bisa membuat saya lebih aktif ngeblog. Semakin sering punya konten baru, siapa tahu popularitas blog meningkat, dan akhirnya banyak yang mengajak kerjasama. Pemasukan bisa nambah, bahkan mungkin bakal ada yang rela bayar seharga notebook untuk satu artikel. (Amin yang kencang!).

Singkatnya, kalau punya notebook yang tidak memberatkan tas, nyaman dioperasikan, dan memudahkan pekerjaan, saya yakin bakal makin antusias memperbaiki konten dan tampilan blog.

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com.

5 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *