Mie Pangsit Khas Bengkulu

Belum lengkap rasanya ke Bengkulu kalau belum mencoba mie pangsit, atau biasa disebut pangsit saja oleh orang sana. Sebenarnya ini sama saja seperti mie ayam di tempat-tempat lain, bedanya selalu ada pangsit, baik goreng atau rebus di dalam penyajiannya. Mie yang digunakan pun adalah mie buatan penjualnya sendiri sehingga bentuk, warna dan rasanya beragam.

1. Warkop Sinar Bulan

Ini merupakan favorit saya karena lengkap, ada pangsit goreng dan rebus dalam penyajiannya. Bersama mie, ada ayam semur yang dipotong dadu bersama toge rebus dan taburan daun bawang. Walaupun pangsit gorengnya agak keras, ada potongan ayam cincang di dalamnya, termasuk di dalam pangsit rebusnya. RasaΒ  kuahnya pas buat saya, dan ada tambahan sawi hijau yang segar dan potongan daun bawang di dalamnya. Terkadang, ketika sawi hijaunya habis, digantikan oleh sawi putih. Hanga seporsinya Rp13.000.

2. Buffet Tris

Ini merupakan warung mie pangsit legendaris di Kota Bengkulu. Sekarang warung ini memiliki cabang di Pantai Panjang dan menambahkan bakso pada daftar menunya. Dulu, di kala mie pangsit yang biasanya hanya menambahkan potongan kecil ayam semur, Pangsit Tris memberikan potongan ayam rebus yang besar-besar.

Terakhir saya ke sana, tampilan dan rasanya agak berbeda. Ayam rebus yang menjadi ciri khasnya tidak sebanyak dulu walaupun tetap ada. Mie disajikan bersama dengan potongan kecil ayam semur, toge, daun bawang, dan sepotong jeruk. Rasa kuahnya agak manis di lidah saya. Pangsit rebusnya pasti ada dan tanpa isian, dan tentunya ada sayur sawi yang dari warnanya tampak terlalu lama direbus. Dari gambar bisa dilihat bahwa kuahnya sedikit berminyak, begitu pula dengan mie-nya. Harga satu porsinya Rp15.000, dan Rp23.000 untuk porsi jumbo (spesial).

3. Buffet Evie

Konon, pemiliknya adalah mantan karyawan Buffet Tris, tidak heran penyajiannya mirip dengan pangsit Tris yang menambahkan potongan ayam rebus dan hati/ampela. Sebagai pelengkap mie yang teksturnya lumayan enak ini, ada ayam cincang semur dan potongan daun bawang. Kuahnya cenderung asin, bahkan mericanya sangat jelas terasa. Selain pangsit rebus yang berisi secuil ayam cincang, ada sawi putih dan irisan daun bawang di dalam kuahnya. Harga seporsinya Rp15.000.

4. Buffet Pangsit Ece

Pemilik buffet ini juga katanya pernah bekerja di Buffet Tris, jadi tidak heran kalau rebusan ayam juga ada di dalam penyajian mie pangsit di sini. Potongan ayam semurnya cukup kecil, dan sepertinya dicampur dengan jeroan karena saya menemukan potongan usus ayam. Selain itu ada sedikit irisan daun bawang dan potongan jeruk, sedangkan tekstur mienya lembut, khas bikinan sendiri. Rasa kuahnya cenderung manis dengan aroma merica yang kentara. Sayur sawi hijaunya lumayan banyak dengan tambahan potongan daun bawang dan pangsit rebus yang berisi secuil daging ayam yang dibumbui merica. Harga seporsinya Rp15.000.

5. Mie Pangsit Duuh Emen

Tekstur mie di tempat ini lumayan enak walaupun warnanya pucat. Masih adanya beberapa mie yang lengket mengesankan bahwa mienya hanya sebentar direbus. Hanya ada potongan dadu ayam kecap yang lumayan banyak dan keripik pangsit kecil yang disajikan bersama mie. Kuahnya cukup segar walaupun cenderung asin seperti kebanyakan penyedap rasa. Di dalamnya ada potongan sawi, daun bawang, dan ceker bagi yang suka. Harganya relatif murah, yaitu Rp11.000.

6. Mie Siantar

Namanya yang terkesan Batak mengharuskan pemiliknya menambahkan logo halal di spanduk warungnya. Sebagai pembeda, di spanduk toko tertulis Mie Pangsit Ayam Keriting. Tapi memang mie di tempat ini bentuknya lebih kriwil daripada mie ayam di tempat lain. Tersedia pangsit rebus dan goreng juga di sini, tapi tanpa isian. Pangsit gorengnya tipis dan renyah yang disajikan bersama mie, ayam semuryang dipotong dadu, daun bawang, dan potongan jeruk. Rasa gurih kuahnya cukup seimbang dan segar, dengan tambahan sawi hijau dan potongan daun bawang.

Satu lagi pembeda di tempat ini adalah selalu menyertakan sepiring semur telur. Rasanya lumayan enak tapi bagian putihnya agak keras karena mungkin sering dipanaskan atau kelamaan direbus. Harganya Rp14.000, belum termasuk telur. Jika telurnya dimakan, maka harus menambah Rp3000.

7. Pangsit Bogel

Mie di tempat ini teksturnya lumayan enak karena kaya bumbu. Porsi ayam semurnya sangat banyak dan potongannya pun besar-besar. Pangsit yang ada hanya pangsit goreng kecil-kecil dan berwarna kuning. Rasa kuahnya lumayan pas dengan potongan daun bawang dan sawi yang tampak segar karena sepertinya hanya direndam sebentar saja. Harga seporsinya Rp11.000.

8. Mie Pangsit Citra Rasa

Mie pangsit ini termasuk baru di Bengkulu, dan sepertinya menjadi menu favorit di Restoran Citra Rasa.Β Mie-nya buatan sendiri, berbentuk lebar dan pipih dengan teksturnya yang lembut. Potongan ayam yang dibumbu kering bersama dengan taburan daun bawang dan bawang goreng, serta serpihan besar pangsit goreng yang garing tapi lembut ditambahkan dalam sajian mie-nya. Kuahnya agak berminyak, rasanya lumayan gurih dengan campuran sawi putih dan irisan daun bawang. Yang juga jadi pembeda mie pangsit di sini adalah adanya dua pangsit rebus di dalam kuahnya. Ukurannya memang kecil tapi ada secuil potongan ayam cincang di dalamnya. Harga seporsinya Rp19.000.

9. Mie Pangsit Hijau 33

Mie ayam yang ini warnanya kontras dengan mie ayam lainnya. Warnanya hijau. Menurut pembuatnya, hijau tersebut berasal dari daun sawi karena warnanya bisa bertahan lama. Tekstur mienya sama seperti mie kebanyakan, tapi rasanya hambar. Kuahnya gurih, dan mericanya jelas terasa. Ada pangsit goreng, potongan ayam semur kecap, dan irisan daun bawang di piring mie. Lalu di kuahnya ada sayur sawi dan pangsit rebus dengan secuil ayam di tengahnya. Oya, harga satu porsinya Rp15.000.

Pernah coba yang di mana?

Disclaimer: Harga di atas adalah harga saat penulis makan, entah sekarang.

26 comments Add yours
  1. Salam kenal mba, itu kampung halaman nyokap. Bengkulu selatan tapi, kalo kesana naik pesawat pasti melancong ke bengkulu kota. Cuma belum pernah nyoba mie ayam, abis doyannya bakso. Ahaha btw nice post mba, ga bingung lagi klo kesana mau makan mie ayam. Salam kenal! πŸ™‚

  2. wah jdi inget waktu 3thn kerja dsna..mie bogel n tris favorit..kalo nasi goreng blm ktemu yg ajib dsna..patut dcoba sate ceker n sayap..kota nya gk trlalu ramai..tapi aman dan ramah penduduknya..hrs djaga kebersihan pantai panjang nya..bravo bengkulu

  3. Semua tempat yg ditulis sdh pernh dicoba.. ad tempat mie yg blm disebutin.. bakmie wiego depan sma carolus padang harapan.. sama pangsit aliang yg di baru koto.. semangaat mbak.. ayo jelajahi lebih bnyak lagii..

  4. Aduuhb ya ampuunn… Kenapa ini diposting??? Jadi ileran,,, kangen mie pangsit di bengkulu. Tris, bogel, evie,,, maknyus semua… Yg lain belum pernah nyoba sih.. Tp pasti dicubo kl balik bengkulu πŸ˜€

  5. kalau pulang ke bengkulu, pangsit bogel gx pernah lupa buat disinggahi, kalo pangsit tris emang sudah lain rasanya dari yang dulu.

  6. Wktu msh d bgkulu, setia sama pangsit sinar bulan.jd kngen nih, kira2 bisa delivery ke jogja gak y?ada yg bs kasih info kah, mendadak ngidam nih….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *