Mulai dari Rp100.000, Ini Investasi Aman dan Praktis

Setahun belakang, saya mulai kepincut pada dunia investasi. Saya sadar, ternyata menabung saja tidak cukup sebagai bekal menjadi manusia dewasa menuju matang. Saya mesti punya passive income. Biar kecil tapi rutin, supaya bisa traveling terus.

Menguntungkan dan aman, tentunya yang menjadi incaran produk investasi saya, entah itu dalam bentuk saham, deposito, properti, emas, atau surat berharga. Satu lagi yang paling penting bagi pemula, adalah bisa dimulai dengan nominal kecil.

Sekarang, yang sedang marak adalah Fintech pengembangan dana melalui skema Peer to Peer Lending (P2P). Cara ini memungkinkan pelaku usaha untuk mengajukan pinjaman, dan didanai secara langsung oleh pemberi pinjaman tanpa melalui perantara bank atau lembaga keuangan lainnya. Pemberi pinjaman merupakan kumpulan orang yang memiliki dana dan ingin mengembangkannya.

Satu di antara Fintech P2P Lending di Indonesia saat ini adalah Akseleran. Perusahaan rintisan ini merupakan marketplace yang mempertemukan pemilik dana (lender) dan calon peminjam (borrower), tanpa harus bertatap muka.

Ibarat belanja online, kalau biasanya yang terjadi adalah transaksi jual-beli barang atau jasa, kali ini uang atau pinjaman. Hasilnya memang tidak bisa langsung dimiliki, tapi bakal didapatkan beberapa waktu kemudian dalam wujud rupiah.

Kenapa Akseleran

Modal mulai dari 100 Ribu Rupiah!

Sebagai investor pemula, tentunya saya ingin memulai dengan modal tipis-tipis dulu. Pemilik dana di Akseleran dapat mengembangkan dananya mulai dari Rp100.000. Kalau mulai pintar, dananya bisa ditambah sendiri dengan bebas dan jangan lupa lakukan diversifikasi atau jangan menaruh satu pinjaman ke dalam satu keranjang.

Bunga hingga 21% per Tahun

Namanya bisnis, pasti maunya untung, kan. Bunga atau imbal hasil yang didapatkan dari pengembangan dana di Akseleran bisa mencapai 21% per tahun. Sementara peminjam, bisa memperoleh pinjaman minimal Rp200 juta dan maksimal Rp2 miliar. Cocok untuk UMKM.

Investasi aman

Jaminan investasi aman adalah poin penting bagi pemilik modal. Akseleran didirikan oleh orang-orang yang telah berpengalaman secara profesional dalam dunia finansial dan teknologi. Kini, Akseleran telah mendapatkan izin dan diawasi oleh OJK dengan nomor surat KEP-122/D.05/2019 tanggal 13 Desember 2019. Sehingga proses transaksi yang kamu lakukan di Akseleran jadi lebih aman dan terjamin..

Mitigasi risiko juga disiapkan sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK No. 77/POJK.01/2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi. Akseleran telah menjadi anggota Fintech Data Center (FDC) yang didirikan oleh Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI). Itu artinya, Akseleran rutin melaporkan data kredit seluruh penerima pinjaman ke FDC AFPI.

Selain itu, Akseleran juga membentengi para penggunanya dengan cara:

  • melakukan analisis kelayakan dan risiko pinjaman untuk meminimalisasi kegagalan pembayaran pinjaman secara kuantitatif dan kualitatif.
  • berupaya untuk menekan angka kredit macet dengan menyarankan pemberi pinjaman melakukan diversifikasi dana yang dipinjamkan.
  • Memperoleh Sertifikasi ISO 27001 full scope yang menjamin penerapan standar keamanan informasi terbaik bertaraf internasional.

Lebih detail lagi, nilai TKB90 Akseleran adalah 96,38% (20 Maret 2020). TKB90 adalah Tingkat Keberhasilan yang menunjukan keberhasilan Akseleran dalam menjaga tingkat kredit bermasalah (Non Performing Loan/NPL) agar tetap rendah. Semakin tinggi angka TKB, semakin baik performa platform dalam menekan angka NPL. Bahasa awamnya, TKB90 sama artinya dengan tingkat keberhasilan pengembalian dalam jangka waktu 90 hari.

Sementara TKB Total adalah 99,26% (20 Maret 2020). Angka ini menunjukkan perbandingan nilai kredit bermasalah (NPL) terhadap total nilai pinjaman yang berhasil disalurkan. Fyi, Informasi TKB ini terpampang nyata di bagian paling atas tampilan Akseleran.

Semua alasan di atas cukup meyakinkan saya untuk mulai berinvestasi pendanaan melalui Akseleran. Mulai dari dana yang ada aja dulu, Rp100.000. Caranya super gampang.

1. Download aplikasi Akseleran dan daftar

Akseleran diunduh di Apple App Store (iOS) atau Google Play Store (Android). Buka aplikasi dan baca info singkat yang muncul. Klik DAFTAR setelah memasukkan email, password, dan centang persetujuan kebijakan privasi.

Bagi yang baru pertama kali mendaftar untuk menjadi pemberi dana pinjaman (lender), kalian bisa memasukkan kode referral saya:

AKSRELINDA328161

Keuntungannya, kalian akan mendapatkan bonus atau free saldo senilai Rp100.000 yang bisa langsung diinvestasikan. Asyik, kan.

Jika telah terdaftar di Akseleran, kalian juga akan mendapatkan kode referral sendiri. Lalu ajak orang lain untuk ikut mendaftar dan menjadi pemberi pinjaman (lender) di Akseleran dengan menggunakan kode referral tersebut. Lumayaaan, dalam kurun waktu 6 bulan, bakal dapat tambahan dana sebesar 0,5% tanpa mengurangi dana orang-orang yang diajak.

Siapkan KTP dan NPWP, soalnya bakal diminta foto, bukan upload dari galeri. Email dan nomor telepon juga yang aktif, ya. Setelah semua proses diikuti, maka tinggal menunggu verifikasi akun. Supaya cepat, pastikan data yang diisi dan yang tertera di KTP, sama.

2. Tahap Pemberian Dana

Setelah akun lolos verifikasi, berarti kamu siap menjadi lender atau investor atau pemberi dana/pinjaman. Saatnya memilih Kampanye Pinjaman yang sedang Berlangsung. Baca-baca dulu detail usahanya seperti apa. Setelah mantap di hati, klik BERI PINJAMAN.

Beberapa kampanye pinjaman di Akseleran

Laporan mengenai dana peminjam atau proyeksi pengembalian bulanan bisa dilihat pada fitur LAPORAN SAYA. Praktis banget, kan.

Pengalaman Pribadi

Maret ini saya memberikan pinjaman dana sebesar Rp100.000 pada kampanye Pinjaman Beragunan Usaha Real Estate Developer No. 18/III/20. Total pinjaman yang dibutuhkan adalah Rp900.000.000. Terkumpul kurang dari 30 hari. Suku bunganya 16% dengan tenor 6 bulan. Proyeksi pengembalian bulanannya akan dimulai pada bulan April hingga September 2020. Jadi mulai bulan depan, bakal ada dana masuk ke akun saya.

Proyeksi pengembalian dana di Akseleran

Santuy banget, kan. Nggak pakai ribet. Semua serba online, dan diurusin Akseleran.

Yuk, ikutan berinvestasi pendanaan demi masa depan yang menyenangkan. Paling nggak masih bisa beli tiket buat jalan-jalan. Mulai dari Rp100.000 aja!

Jangan lupa masukkan kode referal saya, ya. *wink

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *