Prosedur Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Bengkulu

Bagi teman-teman yang berdomisili di Bengkulu, dan berniat membuat paspor karena berniat ke luar negeri berikut dokumen-dokumen yang harus disiapkan, sebagaimana tercantum di dinding kantor Imigrasi Bengkulu, Jl. Pembangunan, Padang Harapan.

Dalam pengajuan pembuatan/perpanjangan paspor tersebut ada beberapa peraturan tidak tertulis yang kalau baru tahunya pas di sana, sangatlah menyebalkan, yaitu:

  1. Datanglah pagi-pagi karena, jatah pengunjung hanya 30 orang per hari. Kalau memang kesiangan, isilah absen untuk besoknya kepada petugas.
  2. Dokumen asli WAJIB dibawa.
  3. Dokumen harus difotokopi di kertas A4.
  4. Perhatikan kesamaan alamat di KTP dan Kartu Keluarga, karena kalau lagi apes, petugasnya teliti, bakal disuruh ke kantor camat untuk minta keterangan pindah kecamatan (pengalaman pribadi).
  5. Jangan LUPA bawa materai 6000 untuk Surat Pernyataan.
  6. Pakailah pakaian berkerah, sebagai syarat foto. Kalau tidak punya, di sana tersedia kemeja, tapi nggak tahu ukurannya, lagian cuma kerahnya saja yang kelihatan di foto.
  7. Untuk perpanjangan paspor, prosesnya SAMA persis dengan pembuatan paspor baru.
  8. Paspor lama TIDAK akan dikembalikan, kecuali masih ada visa yang berlaku di dalamnya, itu pun harus mengunakan Surat Pernyataan yang tersedia di jasa fotokopi, atau buat sendiri saja.
  9. Setelah difoto, akan diberi slip pembayaran yang harus dilakukan di Bank BNI. Biaya pembuatan paspor Rp355.000, plus biaya transfer Rp5000. Jadi totalnya Rp360.000.
  10. Jika paspor ingin segera diproses, segera lakukan pembayaran, karenan walaupun sudah diberi waktu pengambilan, selama pembayaran belum dilakukan, paspor tidak akan diproses.

Semoga membantu…

Have a nice trip!

16 comments Add yours
  1. Assalamualaikum,, saya mau nanya ne mbak,, stlh paspor kita sdh selesai apa bisa lgsg kita gunakan atau gmna?? Terima kasih

  2. kk sama ktp saya alamat nya bedaa… kk saya salah dri kcmatan nyaa dan udah diubah oleh orang tua saya, sementara KTP saya ikut alamat KK yang lama?? gimanaa dong???

  3. Gimana petugas imigrasi…tolong d permudahkan bikin pasport..masa iya..
    Kita mau pgi mrlancong…d sangka mau cari kerja..
    Padahal udah d bilang mau pgi mlancong g ada tujuan lain…padahal udah hmpir 2 mggu ngirus persaratan masih juga d persulitkan

    1. Apanya yang berbeda, mas? Emang ada gambar-gambar berbeda, sih, di tiap halaman. Tapi itu nggak ada pengaruh apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *