Sahabat Baru Traveler, Asuransi Perjalanan Online

Jujur, kalau bukan syarat wajib, saya tidak akan membeli asuransi perjalanan. Kebiasaan yang tidak baik, sebenarnya. Merasa rugi telah membayar sesuatu yang tidak digunakan.

Emangnya, bakalan berguna itu uang kalau sudah kenapa-napa? Barangkali, uang bisa  membeli atau mengganti sesuatu yang hilang, tapi kenangannya, apa bakal terbayar? Bukannya mencegah lebih baik daripada mengobati?

Iya juga, sih. Tapi, beginilah perangai (buruk) traveler berprinsip “modal minimal, bahagia maksimal”. Yang penting sampai tujuan dengan biaya minim. Pengeluaran hanya untuk yang pasti-pasti saja.

Saya pribadi, sebenarnya pingin punya asuransi perjalanan setiap bepergian, khususnya ke luar negeri yang menggunakan low cost carrier. Takut juga kenapa-napa pas terbang. Maskapai seperti ini biasanya memang membebankan beberapa biaya kepada penumpangnya. Berbeda dengan maskapai full board, biaya yang dibayarkan sudah termasuk asuransi, makanan, dan bagasi. Jadi, wajar kalau tarif yang ditawarkan jauh lebih mahal, meskipun terkadang ada tiket promo. Menggiurkan banget kalau dapat tiket murah tapi mendapatkan pelayanan mahal.

Sayangnya, asuransi yang diberikan bukan asuransi perjalanan, hanya asuransi jiwa seandainya terjadi kecelakaan. Kenyataannya, dalam penerbangan, apalagi jarak jauh, masih ada risiko lain, seperti penerbangan yang tertunda, pembatalan penerbangan, dan kehilangan bagasi. Bukan itu saja, ada kemungkinan lain, seperti sakit atau mengalami kecelakaan saat di negara tujuan, kecopetan, bahkan bila terjadi kebakaran rumah saat ditinggalkan. Itu semua bisa dilindungi hanya dengan asuransi perjalanan.

Pernah saya membeli asuransi perjalanan sebagai syarat untuk mendapatkan izin masuk ke negara tertentu. Tapi, itu diurus agen travelnya, dan tetap, saya minta yang paling murah, alias untuk keperluan basic saja selama seminggu, saya tinggal bayar tanpa tahu pasti apa saja kebutuhan dasar tersebut.

Sampai hari ini, saya baru pergi ke beberapa negara di Asia yang tidak mewajibkan visa, apalagi asuransi perjalanan. Bawaan pun hanya satu ransel yang bisa digendong ke kabin. Akhirnya jadi kebiasaan, padahal, setiap membeli tiket di maskapai murah, selalu ada peringatan untuk membeli asuransi perjalanan.

Entah kapan kebiasaan ini berubah. Mungkin kalau sudah kena batunya (amit-amit), atau bila rencana ke Eropa saya wujudkan, sebab asuransi perjalanan adalah syarat wajib untuk mengurus visanya. Masalah lain, sebetulnya, kenapa saya enggan mengeluarkan uang lebih untuk asuransi perjalanan adalah saya tidak paham mau beli asuransinya di mana. Ada beberapa informasi dan rekomendasi dari teman, tapi karena tidak mendesak, lagi-lagi, hanya dianggap angin lalu.

Dalam hati, saya pernah berniat membandingkan kelebihan dan kekurangan beberapa produk asuransi perjalanan. Tapi… nggak tahu harus mulai dari mana? Masa mendatangi kantornya satu-satu.

Hari gini, nggak mesti begitu, ternyata. Ada cara yang kekinian.

Adalah Futuready yang dikelola oleh PT Futuready Insurance Broker. Ini merupakan pialang asuransi online berlisensi OJK. Oleh sebab itu, layanan yang diberikan berupa pilihan berbagai produk asuransi terbaik di Indonesia. Bukan hanya asuransi perjalanan, ada juga asuransi jiwa, asuransi kesehatan, dan asuransi mobil. Uniknya, ini bisa dilakukan secara online, sehingga prosesnya pun instan dan praktis. Dalam kata lain, Futuready adalah semacam supermarket online yang berisi produk asuransi.

Khusus untuk asuransi perjalanan, produk yang ditawarkan adalah AXA, AXA Mandiri, Simas Net, Adira, Lippo, MNC, Tokio Marine, dan Malacca. Semua itu merupakan produk asuransi perjalanan terkemuka di Indonesia. Para pejalan bisa beli asuransi perjalanan online di sini. Sebelum membeli, ada baiknya membuat perbandingan dulu asuransi perjalanan mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Keunggulan lain dari Futuready adalah prosesnya mirip dengan transaksi atau belanja online pada umumnya, yaitu:

  1. Transaksi langsung, karena dilakukan secara online.
  2. Proses pembayaran praktis, karena tersedia berbagai metode, misalnya kartu kredit, transfer bank, atau bayar langsung di minimarket terdekat.
  3. Polis langsung aktif setelah mendapat persetujuan. Polis dalam bentuk elektronik akan segera dikirim via email.
  4. Klaim mudah, karena dapat dilakukan melalui telepon atau secara online. Nasabah akan terhubung dengan para CS yang profesional dan siap membantu.
  5. Tanpa survey. Khusus untuk asuransi mobil, cukup kirimkan foto secara online, tanpa ada survey terlebih dahulu.

Gampang banget, ya, prosesnya. Kalau sering bepergian dan beli asuransi perjalanan online di sini, dijamin, jalan-jalannya bakal lebih tenang. Kalau terjadi apa-apa, bisa langsung diurus dari jauh, tidak perlu menunggu pulang.

Oiya, sebelum salah pengertian. Futuready bukanlah agen yang menjual, apalagi membuat produk asuransi. Futuready hanyalah penyedia produk asuransi yang harus dipilih sendiri oleh klien. Futuready adalah broker asuransi online pertama di Indonesia yang mengantongi lisensi dari OJK dengan nomor KEP-518/NB.1/2015 tanggal18 Juni 2018. Ini merupakan bagian dari AEGON, yaitu salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berbasis di Den Haag, Belanda.

Nah, apakah kalian juga tabiatnya sama seperti saya? Menggampangkan urusan asuransi perjalanan ini? Yuk, kita berubah! Mulai sekarang, cobalah menyisihkan dana liburannya bukan hanya untuk tiket, tapi juga asuransi perjalanan. Kalau masih bingung, silahkan main-main ke Futuready.com, lalu beli asuransi perjalanan online di sini.

7 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *