SPOTS, EDC Praktis bagi UMKM Indonesia

Mengenal SPOTS, Mesin EDC GoPay bagi UMKM Indonesia

SPOTS adalah aplikasi kasir multifungsi yang mempermudah pekerjaan pelaku UMKM di Indonesia. Ini adalah mesin EDC GoPay yang merupakan bagian dari grup perusahaan Gojek. Alat ini telah digunakan oleh 50.000 outlet di 50 kota di Indonesia.

SPOTS juga merupakan sistem Point of Sale (sistem untuk menyelesaikan transaksi jual-beli) yang dilengkapi dengan beragam fitur yang membantu operasional usaha jenis apapun.

Cara menggunakan mesin EDC ini juga sangat praktis, seperti mesin kasir kebanyakan. Apa saja yang dapat dilakukan dengan EDC SPOTS ini?

  1. Mengatur menu secara leluasa
    Sebagai pemilik usaha, dengan SPOTS Anda dapat mengisi secara manual atau mengimpor menu GoFood serta mengatur jumlah, foto, harga, dan kategori menu makanan sesuai kebutuhan.
  2. Memproses pesanan dengan lebih cepat
    Mesin EDC GoPay, SPOTS, yang mempermudah pekerjaan UMKM di Indonesia

    Setiap ada pesanan dari GoFoodD, Anda akan mendapatkan notifikasi real-time sehingga memungkinkan untuk mempersiapkan pesanan sebelum driver sampai. (sayangnya, ini baru berlaku bagi partner GoFood saja).

  3. Menerima pembayaran GoPay dan metode pembayaran lainnya.
    Pelanggan tinggal scan kode QR, maka dan dana akan langsung masuk ke akun GoPay Anda. Sebagai tambahan informasi, SPOTS juga mencatat tipe pembayaran tiap pesanan, jadi dapat diketahui tipe pembayaran mana yang sering digunakan pelanggan. Selain Gopay, mulai tahun 2020 ini, SPOTS menerima pembayaran dari semua kartu debit yang diterbitkan di Indonesia, dan terintegrasi langsung dengan EDC.
  4. Mencetak resi secara instan
    Aplikasi kasir SPOTS dilengkapi dengan printer, jadi tidak perlu mesin tambahan untuk mencetak resi transaksi. Keren, ya.
  5. Memonitor pendapatan dan mendapatkan laporan harian
    SPOTS akan mengirimkan rekap transaksi via email setiap hari. Anda pun dapat memantau perkembangan omzet usaha secara langsung melalui aplikasi. Pokoknya, dadah bye-bye hitung manual.

Singkat kata, SPOTS merupakan EDC dan POS yang dilengkapi dengan printer (all in one device). Kalau saya punya usaha, pasti saya beli nih, alat. Biaya perharinya cuma Rp4.900 dan Rp490.000 untuk biaya pendaftaran.

Untuk pencairan, jika menggunakan BCA, waktu yang diperlukan hanya 1 hari kerja. Namun jika dengan rekening lain, pencairannya maksimum 3 hari kerja. Sementara untuk pengaktifan kartu debit, bisa ditunggu sampai 3 hari kerja.

Pengalaman Membayar dengan SPOTS

Menjelang makan siang hari itu, saya dan Resty, teman sekantor, mampir di sebuah rumah makan. Kami baru pertama kali ke sini, atas rekomendasi seorang teman yang bilang bahwa di sini menyajikan makan pedas tanpa kompromi.

DAPUR PEDAS, itu nama warungnya. Sebagai penikmat makanan pedas, tentunya saya ingin mengetes sepedas apa racikan cabai di tempat ini.

Ada beberapa meja kosong saat kami masuk ke kedai makan yang terletak di Jalan Beringin Kota Bengkulu itu. Kami memilih duduk di teras depan karena berharap dibuai angin.

Resty membaca kertas menu. Saya menoleh ke dalam, dan segera mendekat saat melihat ada etalase kecil khas warung makan. Isinya menu-menu yang ditawarkan di kertas menu. Ada yang telah dicampur cabai, ada juga yang hanya digoreng tepung.

Saya pesan tuna suwir pedas, sementara Resti memesan ayam suwir pedas. Semuanya satu paket dengan nasi.

Menu makan siang yang serba pedas

Mhm… recommended buat pencinta pedas. Kalau saya makan sampai keringatan, sering minum, dan bersuara huhahuha, itu artinya memang kepedasan.

Sekarang saya tahu kemana harus pergi kalau mau makan pedas. Harganya lumayan murah, dan rasanya cukup memuaskan.

Selesai makan, saya beranjak ke meja kasir untuk membayar. Si mbak kasir menanyakan apakah saya mau struk bukti pembayaran. Tentu saja saya menjawab iya. Soalnya bayar pakai uang saya dulu.

Saya pikir struknya tulis tangan, soalnya tidak ada mesin kasir di mejanya. Ternyata dia mengetik di mesin EDC Gopay, SPOTS. Saya jadi ingat pas kemarin belanja di Naughty.

Di sana juga menggunakan SPOTS sebagai salah satu EDC-nya. Tapi pembayarannya dengan GoPay, dan minimal belanja Rp30 ribu rupiah.

SPOTS: EDC, POS, dan printer dalam satu mesin kasir

Berbeda dengan di Dapur Pedas ini. Pembayarannya masih secara tunai. Sebenarnya mereka tahu bahwa pembayaran bisa dilakukan dengan kartu debit, tapi mesin EDC yang sekarang mereka pakai belum di-upgrade. Jadi ke depannya mungkin mereka akan menerima pembayaran secara debit, karen memang SPOTS merupakan mesin EDC dengan kartu debit.

Salah satu merchant yang menggunakan mesin EDC GoPay di Kota Bengkulu

Bagi teman-teman pelaku UMKM yang tergoda untuk menggunakan mesin EDC GoPay ini, bisa cek informasi lengkapnya di daftar kontak  berikut:

Website: www.spots.co.id
Facebook: @spots.id
Instagram: @spots.id

Referensi:

  • https://spots.co.id/
  • https://www.gojek.com/blog/gofood/aplikasi-kasir-spots/
  • https://gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/apa-itu-point-of-sale-pos/

7 Replies to “SPOTS, EDC Praktis bagi UMKM Indonesia”

  1. Mesin EDC GO-PAY Spots hadir di gerai-gerai milik pengusaha UMKM yang tentunya akan membantu meningkatkan pendapatan karena kemudahannya. Semoga kedepannya makin berkembang lebih baik lagi, supaya baik pengusaha maupun konsumen sama-sama memperoleh keuntungan dengan mudahnya sistem transaksi menggunakan mesin EDC Gopay.

  2. Seru banget yaks kalau udah pakai Spots. Bisa bayar nontunai pakai GoPay. Kadang dopet GoPay, mau dicairin belum bisa, ya udah buat belanja aja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *