Wisata Sejarah dan Budaya Indonesia Barat di Batam

Kota Batam terletak di Kepulauan Riau dan merupakan salah satu gerbang Indonesia dari arah Singapura dan Malaysia. Walaupun begitu, masih banyak pantai di daerah Batam yang sepi pengunjung dan bahkan masih asri belum terinjak kaki manusia. Ini jugalah yang membuat sebagian pantai di Batam terlihat indah.

Selain mengunjungi pantai dan berbelanja alat elektronik yang konon terkenal murah di Batam, kita bisa mengajak keluarga berlibur untuk mengenal sejarah dan budaya Batam. Untuk itu, beberapa tujuan wisata berikut bisa menjadi pilihan.

1. Permukiman Vietnam di Pulau Galang

Sekitar tahun 1979, terjadi konflik politik dan militer di daerah Indochina. Ini membuat pengungsi berdatangan lewat jalur Singapura ke Indonesia di Batam. Para pengungsi ini ditampung dan diberikan permukiman di Pulau Galang, Batam. Namun, permukiman ini sudah ditinggalkan sejak tahun 1996.

(Foto: sindynoptions.blogspot.com)

Kini, permukiman tersebut menjadi bukti sejarah adanya permukiman Vietnam di Indonesia. Di Pulau Galang ini, Anda bisa melihat peninggalan para pengungsi yang membangun desa lengkap dari mulai tempat ibadah hingga pemakaman. Di dalam kawasan juga terdapat museum yang menceritakan kejadian datangnya para pengungsi.

2. Batam Miniature House Indonesia

Tempat wisata ini merupakan miniatur dari Taman Mini Indonesia Indah yang ada di Jakarta. Berlokasi di Tanjung Buntung, Batam Miniature House Indonesia masih berada di kawasan Golden City Bengkong.

(Foto: myfatpocket.com)

Melalui jalan setapak, Anda akan diajak mengenali rumah adat dari setiap provinsi di Indonesia. Arsitektur bangunan dibuat dari semen dengan desain semirip mungkin dengan aslinya, tetapi dengan ukuran yang lebih kecil. Berkeliling di Batam Miniature House Indonesia ini membuat kita serasa menjadi raksasa.

3. Kebun Raya Batam

Kebun raya ini memang masih dalam tahap pengembangan, tetapi sudah bisa dikunjungi oleh para wisatawan. Kebun Raya Batam nantinya akan menjadi salah satu objek wisata unggulan dengan koleksi flora yang beragam.

(Foto: matakepri.com)

Terletak di Sambau, Pulau Nongsa, Kebun Raya Batam merupakan tempat cocok untuk berjalan kaki di sekitar kebun yang rindang.

4. Astaka MTQ Batam

Balai yang terletak di area Engku Putri Batam Centre ini awalnya dibangun untuk menyambut pagelaran MTQ atau Musabaqoh Tilawatil Qur’an yang sudah diselenggarakan selama 25 tahun terakhir di Batam. Setelah digunakan, astaka ini berangsur diubah menjadi museum Batam yang berisi sejarah dan segala sesuatu yang berkaitan dengan budaya Riau dan khususnya Batam.

(Foto: gonggongbatam.blogspot.com)

Bangunan dengan kubah hijau dan dua menara ini cocok dikunjungi secara individu dan bersama keluarga. Lebih tepatnya, oleh mereka yang ingin mengenal budaya Indonesia bagian Barat yang masih kental dengan budaya Melayunya.

Selain itu, area Engku Putri Batam Centre ini juga merupakan tempat berkumpulnya masyarakat Batam. Jadi, kalian bisa mengenal lebih jauh mengenai budaya dan sifat keramahan dari masyarakat Batam.

Bagi yang tertarik untuk menjelajahi Batam dengan pulau-pulaunya yang menawan, dapat memilih untuk mencari hotel murah di Batam. Salah satu penyedia hotel murah di daerah Batam adalah Airy Rooms. Jaringan kamar hotel terjangkau ini memiliki standarisasi pelayanan yang terdiri dari 7 jaminan kenyamanan.

Pelayanan tersebut mencakup kamar dan tempat tidur yang bersih, AC di setiap kamar, fasilitas air hangat di kamar mandi, TV flat screen, perlengkapan mandi, dilengkapi dengan air minum, dan Wi-Fi gratis. Pemesanan yang mudah membuat kamar Airy menjadi pilihan yang tepat, terutama bagi yang ada di luar Batam. Cukup dengan aplikasi di telepon genggam, kita bisa leluasa memilih kamar yang sesuai dengan selera dan anggaran.

4 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *