ZenFone Max Pro M2, Gaming Mobile yang Makin Maksimal

Tepuk tangan dan seruan riuh memenuhi seisi ruangan saat harga dari masing-masing produk yang diluncurkan hari itu diumumkan. Yang paling kencang tentunya para penggemar yang memang sudah menanti lama.

Tanggal 11 Desember 2018 kemarin ASUS secara resmi meluncurkan gawai terbarunya yang khusus memanjakan para mobile gamer, yaitu ZenFone Max M2, ZenFone Max Pro M2, dan ROG Phone. Ketiganya diakui sebagai yang tercanggih di kelasnya, hingga wajib banget dimiliki oleh yang mengaku mobile gaming addict.

β€œWe all are gamers.”

Saya ingat betul ucapan Jimmy Lin saat mempresentasikan alasan dibuatnya smartphone untuk para pencinta game ini. Meski begitu, spek dasarnya juga tetap diperhatikan. Itu sebabnya, perangkat ciamik ini juga layak dimiliki oleh kita-kita yang sudah cukup terhibur dengan permainan Onet di handphone.

Satu perbedaan yang paling mencolok dari seri ZenFone Max dan ROG Phone adalah harga. ROG Phone yang sangat powerful untuk para mobile gamer ini berharga 12 jutaan, sementara saudaranya ZenFone Max Pro M2 dan ZenFone Max M2 hanya dibandrol sekitar 2-3 jutaan. Wajar, karena satunya spesial buat elite gaming, satunya lagi untuk mainstream gaming. Tapi… jangan khawatir, semuanya menggunakan Corning Gorilla Glass 6 yang tangguh walau sering jatuh. Namanya juga player.

Kalau begitu, kita bahas yang mainstream saja, khususnya ZenFone Max Pro M2 yang harganya relatif terjangkau.

Sumber: ASUS Indonesia

Performa

Sebagai penyempurna terdahulnya, ZenFone Max Pro M1, performa android satu ini semakin dirancang maksimal, seperti namanya max pro.

ZenFone Max Pro M2 menggunakan Soc Qualcomm Snapdragon 660 Mobile Plarform yang mampu memberikan pengalaman nge-game maksimal.

Didukung RAM hingga 6GB, Snapdragon 660 memiliki peningkatan performa CPU hingga 11% dan performa GPU hingga 33% dari generasi sebelumnya.

Baterai

ZenFone Max Pro M2 hadir dengan baterai 5000 mAh. Kapasitas baterai sebesar ini mampu membuatnya standby di jaringan 4G hingga 35 hari. Jika dipakai bermain, bisa tahan sampai 10 jam. Sementara Youtube, bisa diakses selama 19 jam. Gila!

Kamera

Sistem double camera pada ZenFone Max Pro M2 digadang-gadang sebagai yang terbaik dari semua seri ZenFone Max. Tidak heran, karena telepon pintar satu ini melibatkan Sony IMX486. Sensor premium beresolusi tingginya memiliki kepekaaan tinggi terhadap cahaya, dibandingkan sensor kamera sekelasnya.

Tak ayal, potret atau video yang dihasilkan pun lebih tajam, khususnya di kondisi minim cahaya. Dalam presentasinya, saya melihat sendiri betapa terang foto yang dihasilkan oleh gawai ini. Kelebihan lain adalah fitur Phase-detection Autofocus (PDAF) dan Electronic Image Stabilization (EIS) yang membuat gambar stabil dan tidak blur. Namun teknologi depth-sensing yang dimilikinya mampu menampilkan efek bokeh aliar kabur cantik pada objek fotonya.

Desain

Soal bodi jangan ditanya. Saya sudah menyentuhnya langsung pada sesi akhir, yaitu saat semua pengunjung diberi kesempatan melihat dan menjajal langsung produk ASUS yang diluncurkan hari itu.

Tipis dan mulus, sesuai dengan kesukaan saya, karena mudah masuk kantong serta nyaman digenggam. Hal ini dikarenakan ZenFone Max Pro M2 merupakan ZenFone pertama yang menerapkan desain Wave-Pattern, hingga terkesan elegan.

Fitur

ZenFone Max Pro M2 hadir dengan fitur triple-slot yang mengakomodasi dua kartu SIM yang sudah compatible dengan teknologi 4G LTE, serta satu MicroSD yang untuk menyimpan data tambahan sebesar 2TB.

Sangat asyik untuk menikmati konten multimedia karena menggunakan layar all-screen high-res 6,3 inci FHD+ (2280 x 1080) dengan aspect ratio lebar 19:9, NTSC hingga 94%, tingat kecerahan mencapai 450nit, dan rasio kontras 1500:1.

Perangkat ini menggunakan lima speaker dengan voice coil berbahan metal yang dikontrol oleh teknologi NXP low-distortion smart amplifier sehingga kualitas suaranya sangat baik. Nge-game jadi makin seru.

Jujur, saya sebenarnya buta soal gaming, apalagi yang banyak fitur dan butuh skill kecepatan tangan dan mata yang selaras. Tapi saya sangat menikmati acara peluncuran ZenFone Max Pro M2 tempo hari. Saya bisa bertemu denganΒ mobile gamerΒ paling tenar se-Indonesia, the one and only, Jess No Limit. Siapa tahu ketularan jadi jago nge-game. Nggak nyangka, tampangnya manis banget.

Mhm, meskipun bukan pengguna fitur permainan yang aktif, sebagai travel blogger saya kepincut gawai ini karena kekuatan bodi dan baterainya sangat cocok dibawa jalan ke medan berat. Bobotnya yang ringan dan tipis, akan menambah ruang di ransel. Kamera sungguhan tinggal dulu di kamar. Selain itu, smartphone ini cocok dijadikan teman saat pesawat delay atau perjalanan jauh dengan bus dan kereta.

Ada yang mau ngasih, nggak ya…

2 Replies to “ZenFone Max Pro M2, Gaming Mobile yang Makin Maksimal”

  1. aku juga bukan gamers mba, tapi penonton youtube addict hehe. nonton youtube sampe 19 jam, errr itu oke banget. ngedrakor atau streaming film seru anet tuh, gak pake khawatir cari colokan ya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *