ASUS ROG Phone 6, Smartphone Gaming Dengan Kamera Memikat

Saya tidak pernah tertarik dengan smartphone gaming yang selalu digadang-gadang sebagai handphone gahar sedunia. Selain mahal, ya, karena sia-sia.

Istilah kata, dari semua fitur atau menu bawaan, paling cuma belasan persen yang saya manfaatkan. Selain hanya difungsikan sebagai alat komunikasi, seperti untuk nelpon dan chatting, ya, untuk main media sosial, cek mutasi bank, pesan-pesan belanjaan atau ojek,  browsing, dan foto-foto atau bikin video.

Namun, sejak demam ngevlog, tapi belum sanggup membeli kamera, handphone adalah pilihan utama. Bukan sembarang handphone, tapi, harus yang berkapasitas besar, dan kamera-nya beresolusi tinggi.

Kebetulan, kriteria tersebut ada pada ASUS seri ROG Phone 6 yang tahun kemarin diluncurkan. Jadi mupeng, deh.

ROG Phone 6 yang baru diluncurkan
Kepincut ROG Phone 6 yang tidak hanya untuk gaming

Ada Apa dengan ASUS ROG Phone 6?

Seri ASUS ROG Phone 6 adalah smartphone gaming yang hadir pada 21 September 2021. Tidak hanya menjanjikan fitur dan performa yang dibutuhkan para gamer sejati, gawai ini juga menawarkan kualitas kamera terbaik dibandingkan ponsel gaming manapun.

Saking hebatnya, seri Republic of Gamers satu ini diibaratkan sebagai inkarnasi sang legenda ponsel gaming terbaik di dunia, tapi dengan kemampuan yang lebih cetar membahana. Yuk, kita cari tahu kehebatannya!

Performa gahar

Kedahsyatan tenaga yang dijanjikan ASUS ROG Phone 6 dikarenakan perangkat ini mengandalkan prosesor Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform terbaru. Dikombinasikan dengan GPU Adreno 730, membuatnya mampu mendorong kinerja GPU dan CPU 10% lebih tinggi, serta membuat efisiensi daya CPU meningkat hingga 30%.

Tak ketinggalan, untuk mencegah slow response atau bottleneck saat sedang dioperasikan, handphone ini dibekali RAM LPDDR5 hingga 18 GB dan penyimpanan SSD UFS3.1 hingga 512 GB. Percaya, dengan kekuatan seperti itu, bakal jarang ada keluhan soal game yang nge-lag.

ASUS ROG Phone 6 terbaru
Ponsel gaming ASUS terbaru: ROG Phone 6

Layar kuat dan aman untuk mata

Memahami para gamer yang juga peduli pada kesehatan matanya, ROG Phone 6 menyematkan teknologi Eye Care Display pada layar AMOLED HDR10+ seluas 6,78 inci dari Samsung yang disetel menurut gaya ROG. Sedangkan untuk keamanan layarnya sendiri, ponsel ini diproteksi oleh Corning® Gorilla® Glass Victus™ yang sangat kuat.

Tidak hanya itu, untuk mendukung kelancaran permainan, layar ponsel ini memiliki refresh rate 165 Hz dengan touch sampling rate hingga 720 Hz, dan latensi sentuh 23 ms. Dijamin, pengalaman bermain akan sangat memanjakan.

Sistem Pendingin

Memahami kebutuhan gamer yang waktu bermainnya bisa mengalahkan jam kerja orang kantoran, ponsel canggih ini pastilah dilengkapi dengan pendingin yang tidak kalah canggih. Adalah GameCool 6 Cooling System yang akan menjaga suhu ROG Phone 6 tetap dalam batas aman.

GameCool 6 diperkuat oleh sistem pendingin CPU 360° terbaru yang difokuskan pada tata letak dual-PCB yang berada di tengah, sehingga kinerjanya meningkat hingga 10%.  Metode ini memungkinkan pendingin mengisi celah udara di antara dua PCB dengan senyawa termal khusus.

Pembuangan Panas

Selain ada pendingin, kecanggihan ponsel ini ditunjukkan lagi dengan adanya AeroActive Cooler 6 terbaru yang berfungsi sebagai sistem pembuangan panas. Fitur ini hadir dengan Thermoelectric AI Cooling System yang terintegrasi dan berbasis chip pendingin Peltier.

Melalui sambungan USB-C, teknologi ini tersambung dengan ROG Phone 6, dan mampu menurunkan suhu permukaan dekat CPU hingga 25 °C. Cara kerjanya dengan menyerap daya. Ketika loading game yang berat, cooler akan menyalakan chip pendingin, sehingga ponsel tidak cepat panas.

Sebuah tes dilakukan, hasilnya sebagai berikut:

Game FPS dimainkan tanpa AeroActive Cooler 6 selama 60 menit, ASUS ROG Phone 6 Series mampu menghasilkan frame rate 59,39 fps pada temperatur kisaran 48,10 °C, dan efisiensi daya mencapai 5,88 W. Sementara untuk gameplay selama 30 menit tanpa cooler, menghasilkan 59,55 fps, temperatur 49,30 °C, dan efisiensi daya 5,97 W.

Saat dimainkan selama 20 menit tanpa cooler, frame rate mencapai 59,4 fps, suhu tetap di 44,20 °C, dan efisiensi daya mencapai 5,91 W.

Kemudian, yang lebih dahsyat lagi, saat game FPS dimainkan dengan menggunakan AeroActive Cooler 6 tanpa external power selama 60 menit. Frame rate mencapai 59,72 fps, temperatur 43,30 °C, dan efisiensi daya mencapai 10,2 W. Semetara dengan cooler dan external power, frame rate bisa mencapai 59,77 fps dan suhu ada di angka 39,90 °C.

Nah, kalau untuk saya yang betahnya cuma main game kasual, atau kalian yang biasa main game genre survival, seperti PUBG, Minecraft, atau Apex Legend, cincai banget untuk tenaga sebuas itu. Fast response dan lama panasnya, pasti!

Desain tegas

Seri ROG Phone 6 terdiri dari dua varian, yaitu standar dan pro. Pilihan warnanya pun sangat tegas, yaitu storm white dan phantom black untuk tipe standar, dan hanya ada storm white untuk yang pro.

Khusus untuk ROG Phone 6 Pro, terdapat fitur ROG Vision yang dilapisi layar OLED 2 inci. Fungsinya bisa diatur untuk menampilkan informasi yang diperlukan dalam wujud animasi, seperti Screen On, X Mode, Accesorry, Charging, Game Start, dan Incoming Call.

ROG Phone 6 warna
Warna dan desain ASUS ROG Phone 6 yang standar dan pro

Baterai monster

Fitur penting ketika nge-game, pastilah baterai. Mengimbangi performa supernya, seri ROG Phone 6 dirancang dengan desain MMT yang terdiri dari dua baterai. Iya. DUA BATERAI! 2 x 3000 mAh.

Keunikan dari desain ini adalah kemampuannya menurunkan suhu saat hp dicas, dan memungkinkan pengisian daya 65 W. Tidak salah kalau disebut sebagai baterai monster.

Dengan desain ini pula, meskipun sedang memainkan game berat dan terjadi penurunan daya, sehingga handphone menjadi panas, panasnya masih dalam batas toleransi.

Penempatan dua baterai pada gawai ini menyebabkan posisi motherboard bisa berada di tengah frame. Berat handphone jadi seimbang dan proses pendinginan pun merata.

Baterai ROG Phone 6
Sepasang baterai yang membuat ROG Phone 6 seganas monster

Kalau soal pengisian daya, dengan desain termal saat ini, prosesnya lebih cepat 10 menit dari pendahulunya, ROG Phone 5. Baterai handphone ini bisa terisi penuh dalam waktu 42 menit.

Kontrol sensitif

Namanya ponsel gaming, pasti ada kontrolnya yang bisa meningkatkan jiwa kompetisi. Begitupun dengan ROG Phone 6 ini, yang dipersenjatai dengan teknologi AirTrigger 6 terbaru.

Teknologi ini dijamin lebih sensitif, pemosisian yang lebih baik, dan lebih banyak kontrol gerak. Terdapat 18 titik sentuh spesifik yang dipetakan pada layar (dengan AeroCooler 6 terpasang).

Fitur AirTrigger 6 ini, bahkan dapat pula dimanfaatkan di luar game, misalnya untuk mengaktifkan aplikasi yang dibutuhkan. Caranya dengan gerakan meremas sederhana saat posisi portrait.

Dalam permainan, teknologi ini memberikan keleluasaan gerak saat mengaktifkan tombol pengaktif ultrasonik. Ada pula tambahan giroskop untuk membidik atau mengontrol sudut pandang. Para gamer pasti tahu bagaimana memaksimalkan fitur satu ini.

Audio jernih

Dibandingkan pendahulunya, ROG Phone 6 menempatkan sistem Dirac untuk pengaturan speaker-nya. Terdapat dua Speaker Super Liner 5-magnet 12 x 16 simetris yang disokong oleh amplifier mono Cirrus Logic CS35L45.

Melalui proses sinyal digital, suara yang dihasilkan akan sangat jernih dan menggema tajam. Tentunya akan makin membuat penggunanya asyik bermain, apalagi kalau sedang ikut pertandingan.

Kamera berosolusi tinggi

Kualitas kamera, mungkin tidak menjadi fokus para gamer saat memilih smartphone gaming. Namun, ROG Phone 6 ingin maksimal memanjakan pemiliknya.

ROG Phone 6 hadir dengan tiga kamera belakang. Kamera utamanya menggunakan sensor SONY IMX766 50 MP yang menawarkan mode utama 12,5 MP menggunakan filter warna Quad Bayer.

Kamera utama ini memungkinkan perbesaran dua kali lossless dalam kondisi terang pada siang hari. Sedangkan dalam kondisi minim cahaya, fitur kameranya beralih ke zoom 2 x, berdasarkan mode 12,5 MP, sehingga dapat menangkap cukup cahaya.

Sementara kamera kedua, berupa lensa sudut lebar 13 MP. Kamera ini mampu merekam sudut hingga 125 derajat. Terakhir, kamera ketiga, merupakan lensa makro 5 MP.

Tentunya, ada kamera depan juga, dong. Resolusinya 12 MP yang bisa banget untuk video streaming dan selfie beramai-ramai dengan kualitas tinggi.

Anti gangguan

Last but not least, terdapat Game Genie terbaru yang merupakan dashboard legendaris, dan sudah ditingkatkan kemampuannya. Fitur ini mampu kembali ke Armory Crate, memblokir notifikasi yang masuk ke handphone, mencegah perubahan brightness mendadak, mengubah refresh rate, melepaskan RAM yang tidak digunakan, mengaktifkan perekan layar, browsing, nonton Youtube, dan aktivitas lainnya.

Sepertinya ASUS ROG Phone 6 ini cocok juga untuk Bunda Corla. Dia, kan, selalu kesal kalau tiba-tiba ada telepon masuk, saat dia sedang ngoceh live di Instagram. 

Kalian juga mau? Ini, nih caranya:

Buat kalian yang mau beli ROG Phone 6 PRO, kalian juga udah mulai bisa pre-order di tanggal 24 Oktober – 10 November 2022. Untuk pemesanan awal ini, kalian akan mendapatkan banyak promo menarik antara lain Free Aero Active Cooler 6 + Devil Case + Exclusive Backpack ROGXONIC Esports selama persediaan masih ada, dengan total keuntungan hingga Rp.2.000.000. Untuk ROG Phone 6 PRO ini bisa kalian dapetin dengan harga Rp 18,999,000 eksklusif hanya di Erafone, Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace dan Tokopedia.  Info selengkapnya kamu bisa cek disini ya : https://rog.asus.com/id/phones/rog-phone-6-model/  

Nah, kalau buat ROG Phone 6 sekarang udah tersedia  di partner-partner penjualan ROG Phone 6 yang bisa kalian dapetin langsung di Erafone,Urban Republic, ROG Store, ASUS Online Store, ASUS Exclusive Store, Eraspace, dan  JD.ID langsung dengan harga Rp 10,999,000 untuk variant 8/256GB dan ROG Phone 6 12/256GB dengan harga Rp 13,999,000.  So, tunggu apalagi buruan beli sebelum kehabisan!

Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS ROG Phone 6 Blog Writing Competition di Blog Katerina Travelerien

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *