ASUS VivoBook 14 A416, Andalan Pemberi Rasa Nyaman dan Aman

Semenjak coba-coba serius “menjahit” video lama dalam rangka mencari kesibukan di tahun 2020, saya berasa menemukan “mainan baru” yang super seru. Kanal video yang sudah lama dimiliki tapi tak berkonten, sekarang sudah termanfaatkan. Nggak segan lagi ngaku-ngaku sebagai pembuat konten.

Tapi, kalau teman-teman berkenan mampir ke channel video saya, jangan berharap mendapatkan video sinematik berteknik spektakuler. Sampai detik ini proses editnya cuma di handphone. Kualitasnya biasa saja meskipun hasilnya sangat bisa dinikmati.

Itulah sebabnya, saya pingin upgrade skill dengan menyunting video di laptop, seperti saran banyak videografer profesional yang saya ketahui. Kalau baru awal-awal, nggak masalah menggunakan smartphone. Tapi untuk hasil yang lebih baik, mengedit video di perangkat komputer atau laptop adalah caranya. Lagian memang lebih nyaman.

Karena itulah, laptop menjadi wishlist 2021 saya. Biasanya, resolusi setiap tahun adalah traveling ke beberapa destinasi yang belum pernah disambangi. Tapi… hari gini, mending yang pasti-pasti saja. Berkarya. Dari rumah.

ASUS VivoBook 14 A416
Wishlist 2021: ASUS VivoBook 14 A416

Seperti biasa, ASUS selalu fast respond dengan kebutuhan zaman. Seperti sekarang, ketika eranya dituntut serba digital, ASUS pun menghadirkan VivoBook 14 A416. Laptop ini, bukan cuma teknologinya yang hebat, harganya pun bersahabat.

ASUS VivoBook 14 A416, Laptop Andalan Semua Kalangan

Mengusung tajuk Easy Portability dan Effortless Productivity, konfigurasi ASUS VivoBook 14 A416 hadir dalam spesifikasi beragam dan fitur canggih yang tinggal disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Ini merupakan laptop mainstream bertenaga Intel Core generasi ke-10 yang merupakan satu dari laptop all-rounder 14 inci paling ringkas di dunia.

Dapat diandalkan oleh semua kalangan, seperti pelajar, mahasiswa, dan pekerja kantoran, yang sekarang lebih banyak belajar dan bekerja secara daring. Bahkan, perangkat ini bisa dikolaborasikan dengan smartphone. Canggih, gak tuh.

Yuk, kita kepoin detailnya!

Kinerja Bertenaga dan Siaga

Sekali lagi, ASUS VivoBook 14 A416 didukung oleh prosesor generasi ke-10 Intel® Core™ i3-1005G1 dan Intel® Core™ i5-1035G1 dengan pilihan RAM 4 dan 8 GB, serta boost clock hingga 3,6 GHz. Prosesor tersebut membuatnya siap siaga untuk berbagai kegiatan, entah itu browsing, sekadar mengetik, atau membuat dan menikmati konten multimedia. Apalagi ditunjang dengan audio dari ASUS SonicMaster Technology. Makin seru pastinya.

Beberapa varian VivoBook 14 A416 dilengkapi dengan chip grafis NVIDIA GeForce MX330. Komponen ini memungkinkan pemakainya menjalankan berbagai aplikasi yang membutuhkan performa grafis ekstra, seperti edit foto dan video, hingga game santai.

VivoBook 14 A416 memiliki memori DDR4 yang merupakan standar laptop modern dengan kapasitas yang dapat ditingkatkan hingga 12 GB. Sementara untuk penyimpanannya, laptop ini mengandalkan 2.5” SATA dan M.2 PCIe. Tergantung konfigurasinya, dual storage diterapkan dengan pilihan SSD untuk respon dan proses cepat, serta HDD untuk kebutuhan yang lebih besar, misalnya untuk menyimpan file foto, video, film, dan musik.

Desain Ergonomis dan Praktis

ASUS VivoBook 14 A416 dirancang dengan konsep mobilitas tinggi, yang berarti cocok dengan kesibukan saya sebagai kreator yang punya hobi traveling. Tampilan luarnya biasa saja. Hanya logo ASUS di tengah bodi berpermukaan datar tanpa aksen apapun. Beratnya cuma 1,6 kg dengan dimensi 32,54 x 21,60 x 1,99 cm. Proporsi ini terbilang enteng untuk bepergian hanya dengan satu ransel.

Satu hal yang membuat saya jatuh cinta pada hampir semua laptop keluaran ASUS beberapa tahun belakangan ini adalah teknologi NanoEdge Display pada bagian layar. Inovasi keren ini menghasilkan bezel sangat tipis sehingga menghasilkan layar yang sangat memuaskan pandangan. Khusus untuk VivoBook 14 A416, screen-to-body ratio mencapai 82%.

Sudahlah lebar layarnya 14 inci, resolusinya Full HD, ditambah sudut pandangnya 178°, dan sudah dilengkapi dengan antisilau (anti-glare), ini perangkat idaman untuk berkreasi dan menikmati konten multimedia. Lebih-lebih di saat waktu banyak dihabiskan di rumah seperti sekarang ini. Asyik banget untuk menonton serial-serial seru, nyontek tutorial, dan bikin konten.

ASUS VivoBook 14 A416
Grafis ASUS VivoBook 14 A416 yang memanjakan visual

Belum lagi papan ketiknya, full-size keyboard yang sudah difasilitasi fitur backlit untuk mengetik dalam kondisi minim cahaya, sekaligus memberi kesan estetik. Jarak antar tombol (key travel) ditata sejauh 1,4 mm yang merupakan standar ideal untuk mengetik.

Buat saya yang tidurnya bareng laptop, backlit ini penting. Kadang, terjaga di tengah malam karena kepikiran ide, dan  maunya langsung dikonsep di laptop. Mager banget bangun cuma untuk nyalain lampu.

Keyboard ASUS VivoBook 14 A416
Keyboard ASUS VivoBook 14 A416 yang nyaman dan estetik

Konektivitas Ngebut Tanpa Batas

Sebagai media belajar dan bekerja daring, konektivitas untuk transfer data online dan offline tersedia lengkap pada bagian kiri dan kanan bodi ASUS VivoBook 14 A416. Terdapat port USB Type-C, USB Type-A, HDMI, serta combo audio jack untuk memenuhi kebutuhan salin data.

Sementara untuk keperluan konektivitas nirkabel, tersemat WiFi 5 (802.11ac) dan Bluetooth 4.1. Tak ketinggalan, untuk keperluan tatap muka jarak jauh, terpasang VGA Web Camera dan mikrofon terintegrasi.

Port di kiri dan kanan bodi ASUS VivoBook 14 A416
Konektivitas di kiri dan kanan bodi ASUS VivoBook 14 A416

Nggak akan bisa terkoneksi kalau laptopnya tanpa energi. ASUS VivoBook 14 AC416 dilengkapi dengan charger berukuran kecil yang tidak menyita tempat di dalam tas, serta menggunakan baterai 37 Wh, 2S1P, 2-cell Li-ion yang mampu bertahan hingga 8 jam. Sesuai dengan rata-rata jam kerja dan belajar dalam sehari, kan.

Pemberi Rasa Nyaman dan Aman

Kenyamanan Akses

ASUS VivoBook 14 A416 sudah dilengkapi dengan aplikasi bawaan MyASUS yang merupakan pusat kontrol laptop.  Pemiliknya dapat memantau status laptop sekaligus melakukan troubleshooting. MyASUS memungkinkan penggunanya memindai sistem laptop, mengidentifikasi masalah, sekaligus memperbaikinya secara otomatis. Bahkan, fitur ini juga dapat memperlihatkan status garansi perangkat serta fasilitas untuk menghubungi layanan konsumen ASUS.

Benar-benar perangkat pintar di era digital. Lebih-lebih dengan adanya fitur Link to MyASUS. Fitur kece ini dapat menghubungkan smartphone dengan laptop VivoBook 14 A416 agar lebih produktif. Link to MyASUS memiliki beberapa fungsi, mulai dari menampilkan pesan dan notifikasi dari smartphone ke layar laptop, melakukan panggilan telepon langsung dari laptop, hingga membuat smartphone menjadi layar kedua untuk laptop. Bahkan, fitur ini juga menyediakan fasilitas berbagi file secara instan antara laptop dan smartphone.

ASUS VivoBook 14 A416 dan smartphone
Kolaborasi ASUS VivoBook 14 A416 dan smartphone

Keamanan Data dan Kantong

Jarang-jarang nemu laptop yang nggak cuma memberi kenyamanan dalam pengoperasiannya. ASUS VivoBook 14 A416, ternyata, juga mampu memberi ketenangan pada hati dan kantong pemiliknya.

Konstruksi ASUS VivoBook 14 C416 terdiri dari sasis utama dan rangka layar yang terbuat dari bahan logam yang mampu melindungi struktur bodi laptop secara menyeluruh. Perlindungan fisik bernama E-A-R HDD Protection diselipkan untuk melindungi HDD ASUS VivoBook 14 A416. Inilah yang akan meredam getaran dan goncangan ketika laptop dibawa jalan-jalan atau bekerja yang mengharuskan berpindah-pindah tempat.

Perlindungan menyeluruh untuk komponen internal VivoBook 14 A416

HDD akan tetap aman ditempatnya. Ini benar-benar cocok buat saya yang terkadang ceroboh dengan bawaan. Apalagi kalau traveling, seringnya naik kendaraan umum, dan buka laptop di manapun sempat.

Tidak hanya memberikan perlindungan pada komponen internalnya, ASUS VivoBook 14 C416 juga memberi jaminan keamanan pada data di dalamnya. Beberapa varian telah dilengkapi dengan sistem biometrik sidik jari empunya. Sistem ini membuat si pemilik dapat mengakses Windows 10 Home secara mudah melalui Windows Hello, tanpa harus mengetikkan password berkali-kali.

Tidak hanya itu, laptop ini juga memberikan Microsoft Office Preinstalled, sehingga pemiliknya tidak perlu membeli software office lagi. Kita semua tahu bahwa Microsoft Office adalah aplikasi office terbaik di dunia yang sangat penting keberadaannya karena selalu digunakan.

ASUS VivoBook 14 A416 telah dilengkapi dengan Microsoft Office Home dan Student 2019 yang terdiri dari Word, Excel, dan PowerPoint sebagai aplikasi utama selain fitur office terkini lainnya. Layanan ini tersedia gratis tanpa biaya tambahan, dan dapat terus diperbarui tanpa khawatir ancaman malware atau celah keamanan.

Soal harga, produk ini menawarkan banyak opsi, tergantung prosesornya. Kisaran harganya dibandrol dari Rp4.799.000 hingga Rp10.799.000. Lumayan terjangkau untuk sebuah laptop mainstream berteknologi mutakhir. Pilihan warnanya ada transparent silver dan slate grey. Dua-duanya memberi kesan profesional namun kasual.

Mhm… nggak salah kan, kalau ASUS VivoBook 14 A416 dijadikan barang impian tahun ini? Supaya saya makin rajin dan konsisten bikin kontennya.

1 Reply to “ASUS VivoBook 14 A416, Andalan Pemberi Rasa Nyaman dan Aman”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *