Liburan Penuh Berkah Bersama Tour Halal Eropa Barat Cheria Holiday

“Gimana makannya?”

“Masjid, ada?”

“Salatnya gimana”

Jujur, masih suka ditanya gitu, nggak, sama keluarga, teman, atau kenalan baru, yang tahu kalau kamu tinggal di luar negeri, atau pulang dari luar negeri, atau sedang berencana keluar negeri?

Dulu, saya gitu. Di benak saya, kemudahan hidup sebagai muslim yang sangat mudah itu hanya ada di Indonesia. Yaa… pastinya juga di negara-negara Arab sana.

Saya belum tahu bahwa melihat sisi lain dari bumi ini, atau sekarang banyak diartikan sebagai jalan-jalan atau traveling, adalah salah satu hal yang dianjurkan dalam Islam. Manfaatnya sangat banyak, ternyata. Satu yang pasti, bisa menumbuhkan rasa syukur dan semakin mengakui keberadaan Allah swt.

Karena dianjurkan, pasti ada jaminan kemudahan dalam melaksanakannya. Meskipun jalan-jalan kesannya bersenang-senang, kewajiban sebagai seorang muslim tetap harus dijalankan. Salat tetap harus ditegakkan. Makan tetap harus yang halal.

Kedua hal ini, mungkin dulu dianggap sebagai kendala bagi umat islam yang sedang pelesiran ke tempat-tempat yang tidak mengenal Islam, atau yang Islam adalah minoritas di sana. Akibatnya, banyak yang membawa peralatan masak mini, atau berbekal makanan halal dari tanah air. Rendang, abon, atau kentang kering, pastilah bekal wajib yang paling disayang-sayang.

Tapi kini… ribet bawa gituan. Mending menikmati kuliner setempat. Selain ringkas dan kenyang, juga memperkaya pengalaman lidah kita.

Gimana caranya?

Googling!

Malas bin Ribet? Ya, ikut tur.

Sejak beberapa tahun ke belakang, wisata berembel-embel halal, kerap menghiasi paket-paket tur berbagai travel agen di tanah air. Pilihan paket wisata halal ternyata banyak peminatnya, apalagi keluarga dan rombongan.

Image may contain: 5 people
(Sumber: https://www.facebook.com/kumpul.blogger/photos/a.419177861542927.1073741828.418795188247861/419191361541577/?type=3&theater)

Travel wisata halal ini menjanjikan liburan ke berbagai destinasi favorit tanpa meninggalkan ibadah wajib, serta tidak perlu bingung mencari tempat makan yang menyediakan menu halal. Tak ayal, travel wisata halal ini banyak peminatnya, terutama kaum papa mama atau oom tante yang picky soal makanan.

Pakai agen travel apa?

Cheria Halal Holiday. Perusahaan ini dikategorikan sebagai biro resmi perjalanan wisata halal di Indonesia. Berdiri sejak tahun 2012 oleh para profesional di industri pariwisata dan pemasaran. Otomatis, mereka sudah berpengalaman dan mengenal seluk-beluk kebutuhan para klien sebelum berangkat, selama menikmati liburan, dan saat kepulangan. Penyedia tour wisata muslim adalah trademark-nya.https://4.bp.blogspot.com/-kUFDbE6RhZc/VudKIfR8QiI/AAAAAAAA4PU/aFv24cCnqpwJPgGxp_s55MGqKcRkRZE-w/s400/kantor-cheria-wisata.jpg

Secara internasional, Cheria Halal Holiday adalah anggota aktif IATA dan ASITA, serta member aktif dari perusahaan terkemuka Cheria Group. Hal ini dibuktikan dengan alamat dan nomor lisensi yang jelas.

Alamat: Jl. Kapt. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jakarta Selatan 12790
Telp.: 021-7900216 / 7900201
Fax.: 021-79182408
BPW SIUP: 2365/2012

Bersama Cheria Halal Holiday, atau orang lebih mengenalnya sebagai Cheria Travel, peserta tur tinggal menikmati liburannya, pemandu yang ramah dan bersahabat akan siap memberikan servis terbaik.

Paket wisata halal yang ada di Cheria Travel, terdiri dari paket tour halal domestik dan internasional. Kalau ngomongin domestik, pasti tidak terlalu sulit menemukan tempat ibadah atau menu halal selagi pelesiran. Tapi yang internasional, khususnya ke negara-negara yang muslimnya jarang, perlu banget panduan.

Salah satu destinasi favorit semua orang, yang dikenal tidak banyak warga muslimnya, adalah Eropa. Benua cantik yang dihuni oleh berbagai negara yang kaya cerita sejarah ini hanya memiliki segelintir komunitas muslim. Wajar, kalau menu halal agak sulit ditemukan di sini. Kalaupun ada, informasinya sangat minim.

Tapi oleh Halal Cheria Travel, kebingungan soal makan apa di mana selagi vakansi di Eropa, bukanlah masalah. Pokoknya, peserta hanya tahu bersenang-senang. Begitu jam makan dan waktunya salat, akan difasilitasi dengan nyaman.

Lantaran begitu banyaknya negara yang mendiami benua biru ini, yang kalau mau disambangi satu-satu bakal makan waktu berbulan-bulan, dibagilah paketnya menjadi Paket Tour Halal Eropa Barat dan Paket Tour Halal Eropa Timur.

Kalau saya ditanya mau pilih yang mana? Tentu jawabannya mau semua. Kan, memang bucket list saya bisa keliling Eropa. Tapi, sebagai pemula, saya mau ke negara-negara favorit dulu yang kebanyakan berada di wilayah barat.

Mainstream, sih, destinasinya, tapi mau gimana lagi, belum ke Eropa kayaknya kalau belum ke Perancis, Belanda, Italia, Jerman, dan Swiss.

Memahami hal tersebut, Cheria Halal Holiday menawarkan Paket Tour Halal Eropa Barat selama 10 hari ke negara-negara itu. Mnegunjungi apa saja selama di sana? Ini dia…

Hari 1: Berangkat ke Milan (Italia) via Doha dari Jakarta

Peserta berkumpul di Bandara Soekarno-Hatta, lalu naik Maskapai Qatar Airways ke Milan. Bonus, bisa menginjak Doha, karena pesawatnya transit di sana.

Hari 2: Seharian di Milan (Italia)

Di Milan, peserta akan diajak mengunjungi tempat-tempat terkenal, seperti Sforza Castle, Da Vinci Statue, Teatro Alla Scala, Duomo Cathedral, dan ditutup dengan belanja di Galleria Vittorio Emanuele II.

Tak lupa, bakal ada kunjungan ke masjid yang ada di Milan.

1. Sforza Castle 2. Duomo Cathedral 3. Galleria Vittorio Emanuele II (Sumber: www.turismo.milano.it, en.wikipedia.org/wiki, www.milantovisit.com)

Hari 3: Menuju Swiss

Setelah sarapan di hotel di Milan, perjalanan dilanjutkan ke Engelberg, Swiss, mengunjungi Gunung Titlis dengan menggunakan cable car yang bisa berputar 360° agar bisa menikmati pemandangan pegunungan es di bawahnya.

Tentunya, peserta akan diajak menyantap makan siang menu halal di Panorama Restaurant dengan pemandangan Mount Titlis yang spektakuler.

Setelah itu, kembali diajak shopping-shopping cantik di Lucerne. Di sini peserta dibawa ke Bucherer Shop agar bisa berbelanja jam tangan dan barang-barang bermerk khas Swiss yang terkenal.

Terakhir, kunjungan ke Zurich, sebagai tempat bermalam.

Mt. Titlis
(Sumber: cheriatravel)

Hari 4: Setengah hari di Swiss lalu ke Jerman

Setelah sarapan, peserta kembali ke Lucerne untuk mengikuti city tour ke Chapel Bridge, Lion Monument, Old Town, dan Lucerne Lake. Lalu dilanjutkan ke Titisee Lake, Cuckoo Clock (shop and factory), dan berbelanja di Drubba Shopping. Peserta bisa membali koper RIMOWA dan barang branded buatan Jerman yang terkenal kualitasnya. Harganya harga pabrik, jadi jauh lebih murah.

Terakhir, melanjutkan perjalanan ke kota lain, yaitu Frankfurt, sekaligus beristirahat.

Hari 5: City tour di Frankfurt sebelum ke Belanda

City tour dimulai setelah sarapan di hotel. Tempat-tempat yang disinggahi adalah Old City, Frankfurt Cathedral, Eschenheimer Turm, Goethe House, dan Romerbeg Square.

Tak ketinggalan, perjalanan juga dilanjutkan ke Cologne. Di sini peserta tur diajak mengunjungi Cologne Cathedral, Romanesque Church of Greta St. Martin, serta City Hall. Selama kunjungan ini, jangan lupa membeli suvenir cantik khas Cologne.

Peserta akan diajak salat di masjid yang arsitekturnya sangat unik ketika kemari, yaitu Cologne Central Mosque. Lalu, perjalanan ditutup dengan trip ke Amsterdam (Belanda), sekalian beristirahat.

Cologne Central Mosque (Sumber: cheria travel)

Hari 6: Seharian di Belanda

Setelah sarapan, peserta diajak jalan-jalan ke desa wisata Zaanse Schans untuk melihat pembuatan klompen (sandal kayu khas Belanda), dan melihat proses pembuatan keju asli home made yang lekker. Lagi-lagi, harganya harga pabrik. Asyik-asyik belanja, jangan sampai lupa untuk berfoto dengan latar belakang Holland Windmill yang menjadi ciri Negeri Kincir Angin ini.

Sebelum makan siang, mampir dulu ke Volendam, sebuah desa nelayan yang terkenal sebagai tempatnya berpose dengan pakaian tradisional Belanda, sekaligus menikmati cemilan segar seafood yang ditangkap para nelayan. Setelah itu, mampir ke Tobben Shop, toko suvenir yang memberikan harga grosir kepada pelanggannya.

Pakaian Tradisional Nelayan Belanda
(Sumber: cheria travel)

Setelah perut terisi, peserta tur akan menyusuri kanal-kanal dengan Lovers Canal Cruise. Tujuan utamanya tempat pengasahan berlian, yaitu Gassan Diamond. Kalau masih ada waktu, pelayaran kecil ini akan melewati spot-spot terkenal di sana, seperti Dam Square, Royal Palace, National Monument, dan Central Station.

Letih, iya. Mari kita kembali ke hotel!

Hari 7: Menuju Belgia dan Perancis

Setelah makan pagi, hari ketujuh ini akan meneruskan penjelajahan ke Belgia. Tujuan utamanya adalah Atomium yang menjadi lambang ilmu pegetahuan, sekaligus menjadi ikon kota Brussels.

Sebagai kota sekaligus negara yang sangat kecil, tidak banyak yang bisa dilihat di sini. Tapi rombongan Cheria Halal Holiday akan diajak memboroskan memori kameranya dengan berfoto di Grand Palace (Grote Market), Mannekin Pis, Old Town, dan Royal Palace.

Sebelum kembali ke hotel, wajib banget mencicipi cemilan khasnya Belgia, waffle dengan beraneka topping. Agar makin komplit, akan dibawa juga ke toko yang menyediakan home made Belgian chocolate.

Belgian Waffle
Waffle aneka topping (Sumber: cheria travel)

Hari 8: Seharian di Paris (Perancis)

Dari Brussels, lanjut ke Paris sebagai negara terakhir yang disambangi. Siapkan baterai kamera dan ponsel, karena akan diajak mengunjungi semua tempat-tempat ikonik di Paris, misalnya Place de la Concorde, Champs Elysees, Louvre Museum, Arc du Triomphe, Trocadero, dan Notre Damn Cathedral.

Peserta tur di sini juga akan diantar ke Grand Mosque Paris. Berdoa biar bisa kembali lagi.

Grand Mosque Paris
Grand Mosque Paris (Sumber: cheria travel)

Tak luput oleh Cheria Travel, pastinya, rombongan akan diajak ke surganya belanja, Benelux Duty Free Shop serta ke Galerie Lafayette yang tenar sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Paris. Yang mau beli barang-barang branded atau parfum, di sinilah tempatnya.

Puas berbelanja, mari pulang ke hotel. Packing.

Hari 9: Persiapan kembali ke Jakarta via Doha dari Perancis

Acara bebas sambil menunggu pesawat pulang. Peserta diberi pilihan untuk mengikuti tur dengan kapal pesiar mengelilingi Paris Seine River Banks (Bateaux Mouches), atau hanya jalan-jalan santai di sekitar kota.

Hari 10: Tiba di tanah air (Indonesia)

Perjalanan yang melelahkan, tapi menyenangkan, dan semoga berkah. Sampai ketemu di wisata halal lainnya.

Seru, kan, paketnya. Fasilitasnya juga oke. Biaya yang dikeluarkan setimpal dengan yang didapatkan. Tidur di hotel setara bintang 4, makan 3 kali sehari, bus eksekutif sebagai alat transportasi lintas kota lintas negara, asuransi perjalanan, serta ditemani tour leader muslim yang berpengalaman dan bersahabat.

Kalau mantap mau mengikuti Tour Halal Eropa Barat bersama Cheria Halal Holiday ini bersama keluarga, teman, atau sahabat tercinta, inilah jadwal keberangkatan dalam waktu dekat selama sisa tahun 2018:

  • 11 Agustus
  • 8 Desember
  • 19 Oktober
  • 16 November

Harga turnya, bisa dikira-kira dari table berikut. Tapi, harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu. Maklum… dolar sekarang sedang nakal-nakalnya.

(Sumber: Cheria Halal Holiday)

Setelah tahu berapa dana yang disiapkan, mari menabung karena daftar di atas belum termasuk pengeluaran pribadi, seperti:

  • Pengurusan visa
  • Airport tax internasional dan fuel surcharge
  • Tipping untuk tour guide dan driver
  • Naik ke lantai 2 Eiffel Tower
  • Laundry, telepon, internet dan minibar
  • Biaya porter hotel, bandara atau transportasi lain

Nah, budget sudah tahu, tujuan sudah jelas, travel agennya terpercaya, waktu salat dan makanan halal terjamin, lengkap sudah. Tinggal urus surat cuti di kantor. Pokoknya, sebagai muslim, liburan penuh berkah bersama Tour Halal Eropa Barat Cheria Holiday.

 

https://1.bp.blogspot.com/-QFweyWuF2OE/WxouZUq-TfI/AAAAAAAAeAg/o9xr1ejHH2sm8KCnPNKN1OFZ8Dkm5OCnQCLcBGAs/s1600/lomba-munullis-artikel-kreatif%2B%25237.jpg

Referensi:

  • https://www.cheria-travel.com/2018/06/paket-tour-halal-eropa-barat.html
  • http://www.turismo.milano.it/wps/portal/tur/en/arteecultura/architetturaemonumenti/palazzivilleecastelli/Castello_Sforzesco
  • https://en.wikipedia.org/wiki/File:Milan_Cathedral_from_Piazza_del_Duomo.jpg
  • http://milantovisit.com/en/5-monuments-visit-milan-expo/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *