Prosedur Pembuatan Paspor di Kantor Imigrasi Bengkulu

Bagi teman-teman yang berdomisili di Bengkulu, dan butuh paspor karena berniat ke luar negeri, sekarang prosesnya semakin mudah. Bisa dilakukan secara online dengan masuk ke aplikasinya yang bisa diunduh gratis, atau melalui laman situs imigrasi. Bisa juga datang langsung ke Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu di Jl. Pembangunan No. 2, Padang Harapan.

Tampilan aplikasi Antrian Paspor
Tampilan antrian pendaftara melalui laman situs imigrasi

Berikut prosedur pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Bengkulu:

  • Sebaiknya melakukan pendaftaran online, karena akan dilayani sampai sore (jam kerja) jika menunjukkan bukti antrean online. Tapi jika datang langsung ke kantor, sebaiknya telah membawa dokumen lengkap, dan hanya dilayani sampai jam 12.00. Durasi dari penyerahan berkas sampai dengan pemotretan lumayan lama, sekitar setengah jam. Oleh sebab  itu, sebaiknya datang pagi-pagi, karena setelah jam istirahat, petugas hanya menyelesaikan berkas permohonan yang telah dimasukkan sebelum jam 12.00.

  • Bagi anak-anak, wajib didampingi orang tuanya, dengan membawa dokumen yang diperlukan. Pengalaman teman saya, fotocopy KTP orang tua harus dalam satu kertas, tidak terpisah.

  • Pendaftar akan mendapatkan nomor antrean setelah berkas lengkap, termasuk FORMULIR PERMOHONAN PASPOR yang harus ditulis tangan, serta SURAT PERNYATAAN berisi jumlah halaman paspor yang diinginkan. Bagi yang hanya memperpanjang paspor, cukup menyerahkan fotocopy KTP dan paspor lama.

  • Dokumen asli WAJIB dibawa until diperlihatkan kepada petugas.
  • Dokumen harus difotokopi dalam kertas ukuran A4.
  • Perhatikan kesamaan alamat di KTP dan Kartu Keluarga, karena kalau lagi apes, petugasnya teliti, bakal disuruh ke kantor camat untuk minta keterangan pindah kecamatan (pengalaman pribadi).
  • Jangan LUPA menyertakan meterai 6000 untuk Surat Pernyataan.
  • Berpakaian rapi, khususnya yang berkerah. Kalau tidak punya, di sana tersedia kemeja. Kecuali yang berjilbab.
  • Paspor lama bisa diminta kembali dengan mengisi blanko khusus.
  • Setelah difoto, akan diberi slip pembayaran yang bisa dilakukan di kantor pos atau transfer ATM. Ada Mobil Pos yang mangkal di halaman kantor jika ingin segera melunasi. Biayanya Rp355.000 untuk paspor 48 halaman, dan Rp155.000 untuk paspor 24 halaman. Bikin baru atau perpanjang paspor, tarifnya sama.
  • Paspor akan diproses dalam kurun waktu tiga hari kerja, setelah pembayaran lunas. Selama pembayaran ditunda, paspor tidak akan diproses.

Semoga membantu…

Have a nice trip!

34 comments Add yours
  1. Assalamualaikum,, saya mau nanya ne mbak,, stlh paspor kita sdh selesai apa bisa lgsg kita gunakan atau gmna?? Terima kasih

  2. kk sama ktp saya alamat nya bedaa… kk saya salah dri kcmatan nyaa dan udah diubah oleh orang tua saya, sementara KTP saya ikut alamat KK yang lama?? gimanaa dong???

  3. Gimana petugas imigrasi…tolong d permudahkan bikin pasport..masa iya..
    Kita mau pgi mrlancong…d sangka mau cari kerja..
    Padahal udah d bilang mau pgi mlancong g ada tujuan lain…padahal udah hmpir 2 mggu ngirus persaratan masih juga d persulitkan

    1. Apanya yang berbeda, mas? Emang ada gambar-gambar berbeda, sih, di tiap halaman. Tapi itu nggak ada pengaruh apa-apa.

  4. Pengambilan paspor harus ambil no antri juga ?
    Mengingat tempat tinggal di llg . Naik travel pagi sampai kantor imigrasi jam 1 siang.

      1. Mba relinda,sy mau tanya. Kku buat paspor biasa,apa bisa di pakai utk bekerja di luar negri jg?Atau hya boleh di pakai utk melancong aj?

  5. Mbak ada no petugas nya ngak .soal saya kurang mengerti .jadi kalo ada kan saya bisa mintak tolong ngisi nya .. Mau bikin paspor pelancong . pngen ngerayain tahun baru di luar negri.

Leave a Reply to novi Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *