4 TIPS MEMILIH AC YANG TERNYATA FUNGSINYA BUKANLAH PENDINGIN RUANGAN

Mhm… baru tahu kalau ternyata Air Conditioning itu sejatinya bukanlah pendingin ruangan. Selama ini tahunya kan, begitu. Kalau mau ngadem, AC adalah kunci.

Saya jadi ingat kalau tiap traveling, begitu masuk bandara, rasanya adem banget. Tapi begitu keluar pintu KEDATANGAN (ARRIVAL), langsung deh, badan rasanya gerah. Malah ada teman yang kalau tidur, kamarnya harus dingin, padahal tetap pakai selimut. Terus ngeluh karena bikin boros listrik.

Kok bisa, ya? Pingin nyaman tapi nggak mau tekor. Hehehe… Apa aja sih, tips memilih AC yang bisa memberi rasa nyaman sekaligus hemat energi?

(Instagram: @central_elektro.bkl)

Jadi, sampai Sabtu, 24 Oktober 2020 tempo hari, saya tahunya benda elektronik yang lazimnya menempel dekat langit-langit itu adalah alat untuk mendapatkan rasa dingin dalam ruangan. Ternyata, keliru.

Kumpul bareng teman-teman Blogger Bengkulu di Foodpedia hari itu benar-benar berfaedah, khususnya buat saya yang hanya punya kipas angin di rumah. Acara tersebut langsung menghadirkan pimpinan Central Elektro Bengkulu, Undang Sumbaga.

Seperti diketahui, Central Elektro adalah distributor resmi AC DAIKIN di Indonesia. Beliau tidak hanya memberikan wawasan tentang mesin yang biasa kita kenal sebagai pendingin ruangan itu, tapi juga tentang fungsi utama dan tips memilih AC. Kami diperkenalkan juga dengan beberapa produk DAIKIN, baik untuk rumah tangga, maupun untuk bangunan publik. Ssst, salah satu konsumen AC DAIKIN adalah Nikita Mirzani, loh.

Penjelasan tentang AC DAIKIN dan tips memilih AC
Blogger Bengkulu dan Pak Undang dari Central Elektro Bengkulu

Selain itu, pertanyaan dari teman-teman dan penjelasan yang diberikan makin menambah pengetahuan saya tentang AC. Asyik, pokoknya sore itu.

Fungsi AC

Jadi, AC itu adalah sistem atau mesin yang dirancang untuk mengondisikan suhu udara dan kelembapan suatu area. Fungsinya bukan untuk mendinginkan ruangan saja, karena waktu tinggal di Jepang, AC apartemen saya juga bisa jadi pemanas di kala musim dingin. Di hari-hari biasa malah jarang dimanfaatkan.

AC DAIKIN
AC DAIKIN di apartemen di Jepang

Air Conditioning berfungsi untuk membuat suhu ruangan menjadi nyaman bagi tubuh manusia. Emang sih, yang paling dicari itu adalah kenyamanan. Eaaah. Selain itu, AC berfungsi juga untuk menyaring debu.

Nah, suhu ideal atau yang paling nyaman bagi tubuh manusia adalah suhu ruangan, yaitu 24° – 25° Celcius, dengan tingkat kelembapan 40% – 60%. Jadi, kalau yang kebiasaannya ngatur suhu kurang dari 24° C… tunggu aja. Tagihan listriknya bakal naik. Kecuali yang bayarnya orang lain. Hehehe

Setelah mengetahui fungsi utamanya, kita juga mesti paham apa saja yang perlu diketahui ketika memilih mesin pengatur suhu ruangan itu. Jangan asal harganya murah, ya.

Tips Memilih AC

Pak Undang menjelaskan tentang tips memilih AC yang harus diperhatikan. Hal tersebut harus menjadi pertimbangan, baik untuk pemasangan di rumah pribadi maupun di tempat-tempat umum.

1. Kenyamanan (comfort)

Kebanyakan dari kita merasa maksimal bekerja dan beristirahat dalam ruangan yang nyaman dengan udara sejuk, kan. Saat inilah suhunya perlu diatur. Tapi, kita juga memerlukan suasana yang tenang tanpa gangguan suara tak penting. Oleh sebab itu, pilihlah AC yang tidak menghasilkan suara berisik.

Fitur yang mempengaruhi kenyamanan ini adalah Premium Cooling, Mekanisme Coanda, 3D Airflow, Tittanium Patite Air Purifying Filter, Streamer, PM 2.5 Filter, Pembersih Otomatis, Mode Inverter Bertenaga, Operasi Hening Indoor Unit, dan Enzyme Blue Filter.

2. Efisiensi energi (energy efficiency)

Berapa jam sih, teman-teman menyalakan AC dalam sehari?

Kalau dipukul rata penggunaannya saat bekerja di kantor atau beristirahat di rumah, mungkin ada 6 sampai 8 jam sehari. Kebayang kan, bagaimana penggunaan listriknya? Jadi, perlu banget memperhatikan penyerapan energinya, karena ini akan mempengaruhi pengeluaran pemiliknya. Sekaligus bersikap peduli pada lingkungan.

Fitur yang mempengaruhinya adalah Performa Efisiensi, Mode Ekonomis, Intelligent Eye, dan Mode Low Watt.

3. Daya tahan (durability)

AC merupakan alat elektronik yang memerlukan proses intalasi atau pemasangan, kemudian pembongkaran bila diperlukan. Maka dari itu, ketangguhannya perlu diperhatikan agar tidak bermasalah di masa depan. AC DAIKIN sendiri memiliki daya tahan 10 – 15 tahun, apalagi kalau rutin melakukan perawatan setiap 3 bulan sekali, meskipun tidak ada kerusakan.

Asfek ini ditentukan oleh fitur Super PCB 130/150 V – 440 V (FTKM/FTKO Series), Operasi Anti Jamur, dan Lapisan Antikarat Outdoor Unit.

4. Kemudahan dalam penggunaan (convenience)

Kabar baik, bukan hanya sekolah atau bekerja yang saat ini bisa dilakukan secara daring, alias jarak jauh. AC zaman sekarang pun memiliki fitur pengendali berbasis smartphone yang terkoneksi dengan WiFi. Hal ini akan sangat memudahkan pemiliknya untuk mengontrol pemakaian serta terhindar dari lupa mematikan saat keluar rumah.

Contohnya begini, saat pulang dari bepergian, pinginnya kan, begitu masuk rumah, udaranya langsung adem. Nah, saat masih di jalan, suhu ruangan bisa diatur di angka yang diinginkan. Begitu tiba di rumah dan membuka pintu, badan rasanya langsung rileks.

Bukan itu saja, sekarang sudah ada AC yang memiliki kemampuan mendeteksi kerusakannya sendiri. Teknologi canggih ini pastinya akan sangat membantu dalam proses pemeliharaannya. Nggak bingung lagi mencari bagian mana yang harus diservis.

Fitur yang bekerja adalah DAIKIN Smart WiFi Control, Self Diagnosis, Pengaman dari anak-anak. Weekly Timer, Mode Setelan Malam, dan Drain pan yang dapat dilepas.

DAIKIN sadar betul bahwa empat hal di atas adalah apa yang dicari konsumen. Oleh karenanya, brand yang hanya memiliki AC sebagai produk elektroniknya, benar-benar fokus berinovasi untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada penggunanya. Tidak bisa dipungkiri, saat ini AC sudah menjadi kebutuhan rumah tangga, bahkan menjadi pertimbangan khusus saat seseorang mencari hunian.

Central Elektro sebagai Distributor Resmi AC DAIKIN

Central Elektro adalah dealer resmi produk DAIKIN di Indonesia. Selain DAIKIN Bengkulu, di wilayah Sumatera ini ada juga DAIKIN Palembang, DAIKIN Jambi, dan DAIKIN Lampung.

Khusus untuk Central Elektro Bengkulu, alamat resminya ada di Jalan Salak Raya No. 99 Kota Bengkulu. Aksesnya sangat gampang dicapai, baik dengan angkutan umum maupun kendaraan pribadi.

Untuk pelayanan, tidak perlu diragukan. After sales service Central Elektro adalah salah satu alasan yang membuat AC DAIKIN menjadi pilihan banyak orang.

Central Elektro, DAIKIN Bengkulu (sumber: central elektro)

Mhm… setelah tahu fungsi utamanya Air Conditioning, bagaimana kalau mulai sekarang kita menyebutnya sebagai alat pemberi rasa nyaman. Iya, kayak kamu. 😉

15 Replies to “4 TIPS MEMILIH AC YANG TERNYATA FUNGSINYA BUKANLAH PENDINGIN RUANGAN”

  1. Wih baru tahu kalo sekarang ada AC yang bisa dikontrol pake wifi. Canggih n praktis. N btw kalo di Jepang AC bisa multifungsi, di kita masih jarang ya? Soalnya kayaknya saya pengen tuh punya AC yg bisa ngangetin. Cuaca Bandung lagi dingin soalnya hehe

    1. Muslim dingin di sana kebangetan dinginnya kali, Kak. Di sini kan,dinginnya dingin enak. Masih kuatlah sweater-an doang.

  2. Hihi, alat pemberi rasa nyaman emang bener sih ya mbaa. Saya jg kalo di jkt engapp banget kalo ngga ada ac ya Allah. Kalo di Malang ga begitu terasa karena masih ada sepoi2 dinginnya

  3. Waaa, canggih ya AC sekarang. Jujur nih waktu beli AC aku gak mikir ke situ, cuma asal bikin ruangan dingin udah deh :’) Untuk humidifier aku pakai alat terpisah, huhu. Terima kasih ilmunya ya, bermanfaat untuk lain waktu 🙂

  4. kalau AC emang kayaknya semakin kesini makin jadi kebutuhan deh yak. Soalnya kadang emang lebih nyaman untuk menggunakan AC tanpa harus membuka jendela kamar atau bersantai di bawah pohon. Kalau dalam kamar kan bisa sekalian mengerjakan kerjaan lain

  5. Ya emang sih standar 24-25°C. Heran akutu yg atur suhunya 17°C, dingiiiin kan itu. Itu canggih banget bisa pake wifi diatur sebelum nyampe rumah. Keren emang Daikin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *