10 Pemandangan Unik di Jalanan Indonesia

Kehidupan di Indonesia itu unik. Ada sisi yang bikin warganya bersyukur jadi orang Indonesia, ada hal-hal yang bikin warganya malu berkepanjangan, tapi ada juga yang bisa bikin senang sekaligus kesal secara bersamaan. Di antara semua keunikan yang ada, sepuluh di antaranya bisa dilihat di jalanan.

1. Sampah

Tulisan semacam BUANGLAH SAMPAH PADA TEMPATNYA! YANG BUANG SAMPAH DI SINI ANJING! atau DILARANG BUANG SAMPAH DI SINI! sudah ada di mana-mana. Ironisnya, justru di dekat himbauan itulah sampah menumpuk.

DSC_28542. Pedagang di trotoar

Trotoar yang berfungsi sebagai tempat pejalan kaki, rupanya dilihat sebagai peluang bisnis bagi para pedagang untuk menjajakan barang dagangan atau membuka warung makannya. Di areal tertentu ada trotoar yang bisa bebas dilewati oleh pejalan kaki pada siang hari, tapi begitu malam, jalan mereka berubah menjadi kaplingan-kaplingan para pedagang makanan. Dan ketika masih ada celah yang bisa dilalui oleh pejalan kaki, mereka harus mengucapkan permisi, seolah melewati rumah orang.

3. Pengamen

Penyanyi jalanan yang kalau nyanyinya enak kadang bisa jadi hiburan dan tergerak untuk memberinya uang, tapi kalau cuma komat-kamit dengan napas ngos-ngosan, ditambah tampilan bak preman, atau lusuh tanpa alas kaki, di sanalah mereka menjadi gangguan. Bukan hanya penyanyi yang ada di jalanan, sekarang orang yang berceramah juga bisa dijumpai di angkot atau bus.

Β 4. Lubang di tengah jalan

Terkadang saya heran, dari segitu lebarnya jalan, kok, bisa ya, tiba-tiba ada lubang di tengah-tengah jalan. Orang yang tadinya sedang enak-enak nyetir sambil bengong bisa tiba-tiba sadar karena ban mobil atau motornya menabrak lubang yang ada di tengah jalan tersebut. Jika tidak terlihat, ini bisa membahayakan si pengendara, khususnya pada malam hari.

5. Selokan bau

Walaupun sebenarnya sudah tahu bahwa banjir atau melimpahnya genangan air ketika hujan deras disebabkan oleh selokan yang mampet, warga sekitar tetap tidak peduli, dan walaupun pernah dibersihkan, tetap kejadian lagi. Mereka menganggapnya hal yang biasa dan tetap membiarkan sampah menumpuk di selokan hingga mengeluarkan bau busuk. Bahkan anehnya, ada selokan yang sudah penuh terisi tanah, dan dianggap sebagai tempat sampah.

6. Spanduk yang tidak beraturan

Tidak hanya pada masa-masa kampanye saja jalanan banyak dipenuhi oleh spanduk dan poster yang menampilkan wajah-wajah calon pemimpin, tapi pada hari-hari biasa spanduk iklan dan pengumuman pun ramai terlihat di jalan-jalan. Mungkin, kalau pemasangan dan penempatannya teratur dan rapi, tidak akan terlalu mengganggu, tapi kalau sudahlah masa pemasangannya sudah lewat, robek-robek dan lepas dari ikatannya, dan dipasang di sembarang tempat, ini sudah merusak pemandangan sebuah kota.

7. Pedagang keliling

Berseliwerannya pedagang keliling yang bergerobak maupun tidak adalah salah satu keasyikan tinggal di Indonesia. Ketika kepanasan dan kehausan di mobil, sementara terjebak lampu merah, pedagang es keliling terlihat bagaikan oase di tengah gurun pasir. Bukan hanya makanan, bahkan mainan anak, suvenir, dan peralatan rumah tangga juga dijajakan keliling oleh pedagang di sini.

8. Zebra cross yang bukan pada tempatnya

Kalau melihat yang menyeberang bukan pada tempatnya, itu sudah biasa. Tapi ini ada zebra cross yang bukan pada tempatnya. Apa iya setelah nyeberang orang di suruh lompat tanaman?

14210699296919. Pengendara yang tidak sabar

Sepertinya sudah kebiasaan kalau harus membunyikan klakson ketika baru satu detik lampu lalu lintas berubah dari merah ke hijau. Selain itu, ada juga pengendara yang menerobos lampu merah hanya karena lampu hijau baru berubah dua detik yang lalu, atau karena tidak ada kendaraan lain yang melintas, padahal lima detik lagi lampu hijau menyala.

10. Pak Ogah/polisi cepek

Dengan hanya bermodalkan rasa percaya diri dan peluit, para Pak Ogah (salah satu toko di serial Si Unyil yang sering minta uang Rp100/cepek) bekerja layaknya polisi lalu lintas yang mengatur kendaraan lewat. Mereka bertugas untuk mendahulukan pengendara lain, biasanya mobil, yang akan berbelok atau memutar arah. Nanti dengan lihainya Pak Ogah menyambut uang receh yang telah disiapkan oleh supir yang telah dibantunya.

Keunikan mana yang sering kamu lihat?

Tulisan ini diikutsertakan dalam rangka blog competition yang diadakan oleh #TravelNBlog

11 comments Add yours
  1. haha..ini bener semua! tapi yang nomor 8 itu memang paling sering bikin gue ketawa geli sambil geleng2 gak habis pikir.. apaaa yang ada di pikiran si pembuat zebra cross? atau, jangan2 tadinya memang ada jalan setelah nyeberang zebra cross, tapi trus dengan anehnya malah ditaro pot bunga/ pagar / dll di situ? hahahaha.. unik dan kurang cerdas kadang beda tipis ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *