Tumis Sayur Campur plus So Good Karage untuk Berbuka Puasa di Rumah

Seperti tahun kemaren, kedua orang tua saya selalu berbuka puasa dan makan malam di masjid. Pergi sebelum magrib, pulang setelah Tarawih. Sebagai anak yang sudah dianggap dewasa, saya sama sekali tidak ditinggali makanan di meja makan, apalagi hanya tinggal kami bertiga di rumah ini. Untung ada kurma dan segalon air yang bisa digunakan untuk berbuka puasa.

Kebetulan, saya ada misi pribadi pada Ramadan tahun ini. Sebisa mungkin menghindari nasi. Sebagai gantinya, saya tidak menolak roti atau mi. Agak aneh sebenarnya, karena orang diet umumnya tidak mengonsumsi karbohidrat yang bersumber dari kedua jenis makanan tersebut. Tapi karena ini diet ala saya sendiri, biarlah saya yang merasakan dampaknya.

Sekitar jam 17.30 wib, aktifitas saya dimulai. Setelah mama menyiapkan semua keperluan bekalnya untuk dibawa ke masjid, giliran saya yang menguasai dapur setiap menjelang magrib. Saya menyiapkan sendiri makan malam ala Inda.

Saya buka lemari es dan menatap setiap rak dengan jeli. Tak lupa bagian paling bawah yang seperti laci juga dilihat. Saya keluarkan bahan-bahan yang diperlukan untuk mewujudkan ide yang dari semalam terlintas di kepala. Setelah lengkap, saya buka pintu bagian atas. Daging ayam adalah sumber protein hewani yang selalu ada di dapur rumah. Saya sering menambahkannya ke dalam masakan.

Tapi, sore itu saya ingin bereksperimen dengan produk So Good siap masak, yaitu ayam karage. Daging ayam tanpa tulang berbalut tepung yang persis dijual oleh gerai-gerai makan berakhiran Fried Chicken ini adalah pengobat rindu akan masa-masa kuliah di Jepang. Dulu sering makan ayam ini di kantin kampus.

Bedanya, kalau dulu dimakannya dengan nasi atau hanya dicocol saus sambal campur mayones, kali ini hanya dengan sayur mayur serta sumber protein yang lazim tersedia di rumah-rumah. Hasilnya, lumayan enak, dan yang pasti, sehat dan mengenyangkan.

Produknya So Good telah mengantongi Sertifikat Halal dari MUI dan izin produksi dari Badan POM. Tidak menambahkan bahan pewarna, bahan pengawet, dan MSG (penyedap), kecuali bawaan dari bumbu-bumbu dan tepung pelapisnya, sehingga sangat disarankan untuk menyimpannya di freezer atau dalam suhu -18ºC. Kesimpulannya, So Good is really good.

Penasaran? Inilah resep masakan yang saya beri nama Tumis Sayur Campur plus So Good Karage.

Bahan-bahan:

  • So Good Karage
  • Sayur: bayam, wortel, toge (sesuai selera)
  • Protein: tahu, tempe, telur (sesuai selera)
  • Daun bawang
  • Bawang putih
  • Tomat
  • Cabe rawit (jika ingin pedas)
  • Gula dan garam

Cara Membuat:

  1. Goreng karage hingga kecoklatan, lalu sisihkan.
  2. Tempe dan tahu dipotong dadu, lalu digoreng hingga menguning. Setelah itu, sisihkan.
  3. Tumis bawang putih hingga harum.
  4. Masukkan telur. Jumlahnya disesuaikan dengan kebutuhan, lalu diaduk. Kalau tidak suka diorak-arik, bisa dibuat telur dadar lalu diiris-iris, atau bahkan direbus lalu dibelah.
  5. Tambahkan irisan wortel, kemudian aduk sebentar dan ditutup agar lembutnya merata.
  6. Masukkan tahu dan tempe yang telah digoreng, lalu kembali diaduk.
  7. Masukkan bayam dan toge yang telah dicuci bersih, lalu diaduk. Ketiga jenis sayur yang digunakan ini bisa ditambah atau diganti dengan sayur lain, sesuai kesukaan atau yang tersedia di lemari pendingin.
  8. Tambahkan garam dan gula pasir sebagai penyedap.
  9. Sebelum diangkat, masukkan irisan daun bawang, tomat, dan cabe rawit.
  10. Aduk hingga rata, lalu tutup sebentar supaya bumbunya meresap. Bisa tambahkan air sedikit jika ingin agak berkuah.
  11. Angkat, dan sajikan dengan potongan karage yang masih hangat di atasnya.

This is it… Sayur Tumis Campur plus So Good Karage.

Untuk menambah kenikmatan dan kerenyahan saat menyantapnya, tambahkan kerupuk. It’s really… so good!

Masakan sehat, mengenyangkan dan praktis ini bisa langsung disantap seorang diri, atau dijadikan sebagai lauk-pauk makan malam setelah salat magrib. Oh iya, bagi yang tidak makan nasi, bisa ditambahkan kentang atau jagung sebagai karbohidratnya. Dicampur mi juga bisa kalau mau. Tapi ingat, jangan sampai kekenyangan biar bisa khusyuk salat isya dan Tarawih.

Pada dasarnya, bahan dan bumbu di atas bisa diganti, ditambah, atau dikurangi suka-suka, apalagi campuran sayurnya. Kebetulan, isi kulkas di rumah sedang didominasi oleh sumber protein, tinggal dimanfaatkan saja. Termasuk karage sendiri, bisa diganti dengan produk So Good siap masak lainnya.

Inilah masakan andalan saya. Cara bikinnya gampang dan tidak butuh banyak perkakas dan waktu. Tergoda untuk mencoba? Silahkan periksa isi kulkasnya masing-masing.

2 Replies to “Tumis Sayur Campur plus So Good Karage untuk Berbuka Puasa di Rumah”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *