Tentang Crash Landing on You, Hyun Bin, dan Korea Utara

Tahu Hyun Bin dari serial K-Drama Secret Garden. Tapi, seperti halnya memandang aktor drakor lainnya, cakepnya belum bikin hati berdesir. Apalagi perannya konyol banget di sana.

Ikutan arus nonton Crash Landing on You alasannya karena penasaran bagaimana gambaran tentang Korea Utara-nya, secara Korea Selatan dan Korea Utara adalah seteru. Eeeh, malah kepincut Ahjussi Hyun Bin sampai bela-belain nyari drama lamanya.

Berawal dari Crash Landing in You, jadi kepincut Hyun Bin
Berawal dari Crash Landing in You, jadi kepincut Hyun Bin, dan nostalgia tentang Korea Utara

Gara-gara Crash Landing on You

Jujur, Hyun Bin di drakor Crash Landing on You cenderung culun di mata saya meskipun tampan. Justru karakter Ri Jeong Hyeok yang bikin jatuh cinta, bahkan mampu membuat saya penasaran melihat karakter Hyun Bin di serial lain.

Saya juga suka sama lawan mainnya, Son Ye Jin. Kalau lihat behind the scene CLoY, karakternya mungkin nggak jauh beda dari aslinya yang ceria dan menyenangkan. Pasangan yang dijuliki netizen sebagai BinJin ini emang serasi. Saking sukanya, saya juga nonton film mereka berdua, The Negotiation.

Mau diam, jutek, atau senang, tampangnya nggak ngebosanin. Saya betah menatap wajahnya di layar. Ikutan senyum kalau lesung pipinya muncul.

Kepincut Hyun Bin

Beres nonton CLoY, saya segera mengunduh Memoirs of the Alhambra. Kharisma seorang Hyun Bin yang bernama asli Kim Tae Pyung benar-benar menyihir saya di serial ini.

Perannya kasual dan nggak banyak dandan. Rambutnya dibiarkan jatuh natural. Kostumnya nggak melulu turtle neck, jadi puas mandangin jakunnya naik turun. Ekspresinya juga variatif, minim ekspresi melankolis khas drama romantis. Pun dia banyak senyum.

Belum puas juga, setelah menamatkan MotA, saya nonton Hyde, Jekyll, Me. Terus lanjut nonton ulang Secret Garden. Saya juga menonton beberapa filmnya selain The Negotiation, yaitu The Swindlers, Rampant, Confidential Assignment, dan The Fatal Encounter. Akibatnya, saya harus ngecek storage handphone terus.

Barangkali, kebucinan yang telat kepada Hyun Bin ini seiring dengan kematangannya. Badannya “jadi”. Saya tidak terlalu tertarik menyaksikan serial masa mudanya yang cungkring dan rambut yang nyakar-nyakar muka. Bodoh amatlah dia pernah operasi plastik. Ini orang makin tua makin memesona. Beautifully aging.

Gara-gara terkena sindrom Hyun Bin ini, saya jadi kepo, meskipun dia nggak punya medsos resmi. Kebanyakan beritanya tentang pekerjaan, dan minim drama. Tampaknya dia emang nggak banyak omong, tapi murah senyum. Cocoklah dijadikan role model.

Doi juga aktor serba bisa yang total memainkan perannya. Hampir 90% aksi main pedangnya di film Rampant dia lakukan sendiri. Suaranya juga renyah waktu saya lihat videonya nyanyi lagu Shallow milik Lady Gaga dan Bradley Cooper.

Kurang apa, coba? Nunggang kuda, oke. Main pedang, jago. Nyanyi, bisa. Cuma adegan berenang aja yang belum pernah saya lihat.

Hyun Bin dan senyum mautnya
Senyum maut Hyun Bin di Memoirs of the Alhambra

Hyun Bin dan Korea Utara

Perburuan film dan serial yang ada Hyun Bin versi matangnya membawa saya bernostalgia tentang Korea Utara. Ternyata selain di CLoY,  Ahjussi juga pernah jadi tentara Korut di film Confidential Assignment.

Teman mainnya adalah aktor yang jadi ayahnya dan kakak nomor duanya Yoon Se Ri yang jahat di CLoY. Sosok militernya terasa nyata karena aksi laganya penuh tembak dan adu jotos. Tampangnya juga rada kucel dibandingkan Kapten Ri yang berponi rapi serta berkulit bersih. Buat saya, Hyun Bin nggak cocok punya poni sedahi-dahi.

Kalau soal logat dan bahasa, nggak tahu deh. Perasaan sama aja di telinga saya cara Hyun Bin ngomong pas dia jadi orang utara atau selatan. Saya merasa hapal nada suaranya. *wink. Tapi kalau soal jadi tentara, cocok-cocok aja, secara doi punya pengalaman wajib militer.

Sedikit cerita tanpa bermaksud rasis, waktu ke Korea Utara, jarang banget saya melihat warga atau tentara yang bodinya kekar. Tinggi ada, tapi yang besar tinggi serta berambut trendi seperti Kapten Ri and the gank, entah sedang di mana. Tentaranya pada cepak dan langsing. Sesama turis kami bercanda, mungkin yang bongsor di negara itu cuma pemimpinnya. Tapi kalau ceweknya, banyak yang cantik dan modis.

Hyun Bin di Confidential Assignment
Hyun Bin di Confidential Assignment. Ayahnya di CLoY jadi pimpinannya

Korea Utara dan Korea Selatan

Dua negara serumpun ini entah kapan bakal akur. Kehidupan warganya sungguh jomplang. Yang satu super modern, sementara satunya klasik, seolah jauh dari peradaban. Warganya dilarang memasuki wilayah masing-masing kecuali membawa nama negara. 

Seperti di CLoY, Kapten Ri berusaha mati-matian menutupi status kewarganegaraan Yoon Se Ri, kan. Terus, dia nunjukin paspor Cina pas dimintai ID oleh polisi. Anak buahnya mesti pura-pura mewakili negara mengikuti lomba olahraga militer di Korea Selatan supaya bisa menyusul.

Sementara di film Confidential Assignment, Hyun Bin yang berperan sebagai Mayor Im Cheul Ryung ini ditugasi menangkap pengkhianat negara yang kabur ke Korea Selatan. Dia sengaja diikutsertakan menjadi salah satu delegasi negara bareng pimpinannya ke Korsel.

Boro-boro mau memadu kasih sampai nikah. Itu sebabnya pasangan Ri-Ri di CLoY mesti janjian ketemu di Swiss, di luar tanah air mereka. Nggak bakal bisa mudik nemuin mertua kalo beneran ada pasangan suami istri Korsel – Korut di dunia nyata.

Tahun 2014 saya ke Korea Utara, handphone warganya masih yang poliponik. Internet nggak ada, sampai sekarang adanya intranet, khusus buat mereka doang. Makanya, kalau traveling ke sana, kita benar-benar putus koneksi.

Menuju Kapten Ri, eh Hyun Bin di selatan
Aye aye… Menuju Kapten Ri, eh Hyun Bin, di selatan

Turis yang ke Korut wajib dalam grup tur dan dilarang keluar malam. Ingat kan, adegan Alberto dan Se-Ri ketemuan, terus mereka jalan keluar hotel, lalu ditegur petugas? Alberto ngaku-ngaku sebagai diplomat Inggris. Kalau ikut trip ke Korut, malam-malam kita cuma di hotel.

Tapi justru perbedaannya yang unik itulah yang membuat Korea Utara layak menjadi destinasi traveling. Saya tidak pernah menyesal mengeluarkan banyak uang untuk perjalanan yang mungkin cuma sekali seumur hidup itu. Kehidupan yang kita pikir menyengsarakan, bagi mereka normal

Menyusuri jejak karya Hyun Bin membuat saya salut sama sineas Korea Selatan yang berani mengangkat cerita berlatar belakang Korea Utara yang nama resminya Democratic People’s Republic of Korea (DPRK). Ini bikin saya mikir bahwa sebenarnya yang musuhan itu cuma petinggi elit politiknya. Warga biasa damai-damai saja.

Begitulah, guys… asal mula saya terinfeksi Hyun Bin syndrome. Entah sampai kapan. Hehehe… Telat banget gak, sih?

Punya kisah yang sama, atau punya gosip tentang doi? Yuk, berbagi di kolom komentar!

37 Replies to “Tentang Crash Landing on You, Hyun Bin, dan Korea Utara”

  1. Heii, aku juga telaat Mba. Karena emang hiatus drakoran hampir 8 tahun. Dan nyoba nonton cloy karena penasaran settingnya ituu. Belum bisa move on, masih mau nonton yg ketiga kalinya. Sempet pinisirin sama judul Hyun Bin yg lain, Al Hambra, menurut ku koq kebanting. Habis itu ga pengen ngelirik yg lain lagi. Wkwkwk

    Kuudah baca sampai habis tulisannya Mba. Emang totalitas sineas Korsel ya. Salute

      1. Haha, maksudku… Konsep ceritanya Al Hambra kebanting sama Cloy, jadi aku ga merasa liat Hyun Bin yg seistimewa di Cloy.

        Mba, aku belum bucin sama Hyun Bin koq, wkwkwkwkwk

      2. Sama mbak…
        Aku kenal drakor sejak pendemi kmrn
        Bingung habiskan waktu dirumah, akhirnya memutuskan nonton cloy yg katanya bagus banget, dan terbukti…
        Aku langsung jatuh cinta pada HB eh pada drakor…
        Semua drakor dan film HB aku tonton, kepoin medsos Vast manajemen dimana HB bergabung, ikut dlm fansclub HB, hampir tiap hari share berita HB di FB ku

        Suka liat aktingnya
        Senyumnya
        Bodynya
        Kesederhanaannya

        Semua aku suka, HB mmg cocok jd idola di dunia maya, sempurna….

        Berharap kelak bs ketemu langsung, berharap HB ada tour asia ke Indo thn depan,
        Atau saat pendemi berlalu, bs travelling ke Korea Selatan * yg dl ga masuk dlm bucket list ku dan bertemu HB…

        Banyak harapan sbg idola nya..
        Sementara ini, senyum dan tingkah HB menemani hari2ku

        Salam.kenal
        Ellies

        1. Wuih, langsung jadi penggemar HB garis keras, ya.
          Aku pun berencana ke Korsel, dan ngayal bisa ketemu Hb. Hehehe…

  2. Aku, aku, akuuuuu!
    Sukak banget ama Hyun Bin, karena TANGGAL LAHIR KAMI SAMA :)))
    Wwkwkwkwk
    Btw, aku liht pilem doi yg judulnya Come Rain, Come Shine… duh, enggak banget deh. Filmnya ngebosenin paraaahh

  3. Samaaaaaaa . Ya ampun mba, sblm ke Korut sept 2019 lalu, boro2 aku suka drakor. Baru liat temen yg LG khusyuk nonton drakor aja aku lgs nyindir, ‘apa bgsnya sih nontonin gituan’ hahahahaha

    Balik dr Korut, temen2 of heboh nyuruh aku liat CLOY Krn mereka penasaran apa memang Korut seperti yg ada di Drakor CLOY. Ga nyangka, aku malah penasaran nonton serinya sampe habis, dan kecanduan Ama film si Hyun bin semuaaaa hahahahaha.telat super duper.

    Aku ga nyesel ngeluarin uang ke Korut walopun di sana ga bisa internetan. Malah yaa, aku baru sadar, terputus dr dunia luar selama di sana itu, enaaaak bangettttttttt ya Allah…ga ada wa dr kantor, dan aku plus temen2 yg ikutan trip malah bisa salaing kenal, ga dikit2 pgang hp. Kita beneran becanda, ngobrol yg beneran tatap muka, ga terganggu Ama hp :p. Makanya aku pgn bgt bisa ngerasain LG balik ksana.

    Tp bener ya mba,slaam di Korut, jujur aku jg ga nemu tentara ganteng kayak di Drakor hahahahaha. Malah cungkring semua ..

  4. ngakak banget waktu baca kalimat “jadi puas mandangin jakunnya naik turun”. Hahhaa

    Wah mbak nya hatam banget sama drakor sampe udah nonton segala macam gitu, saya nonton drakor kalo lagi rame aja. Kebetulan CLOY ini kemarin rame dimana-mana jadi ikutan nonton.

    Bang hyunbin sebagai kapten Ri memang berhasil membuat saya ngefans, dan sehabis film kelar .. Kepo banget sama semua-muanya. Tapi nggak sampe ke film film yang pernah dimainin sih.

    Jadi mereka juga pernah main drama lain ya sebelumya ? Baru tau lhoo, jadi ingin nonton hyunbin di drama lainnya jugaa.

    1. Aku juga selama ini klo soal Korea dengan segala perdrakorannya dan KPopnya sepertinya memandang sebelah mata gtu,meski pernah ke KorSel. Ntah kenapa iseng liat CLOY,jd serasa tersihir gtu,sampe ngliat drakor Hyun Bin yang lain (oh ya,klaua mau liat Hyun Bin adegan renang,ada koq di My Lovely Sam Soon). Aduuhh…sampe detik ini level kebucinanku parahh…ntah sampe kapan ini berakhir….

  5. Korea utama memang memiliki keunikan tersendiri, mulai dari pemimpin hingga prajuritnya. Banyak aktor terkemuka di sana tetapi tak banyak yang terungkap.

    1. Aku malah gak tahu aktor2nya. Dulu pernah dengar tentang ada Festival Film Pyongyang. Masih ada gak, ya?

  6. Gara” cwek saya ngajak nonton drakor Crash Landing on You saya jadi penasaran jalan cerita aja bukan karena karakternya.. tapi masih mending drakor daripada sinetron INdonesia alur ceritanya banyak mutar wkwk

  7. Pecinta drakor bisa banyak referensi ya mengenai aktor aktor tampan nya. Aku malah nggak pernah move on dari Lee min ho. Hihihi taunya nonton the Legend of The Blue Sea karena bisa dilihat di youtube berkali-kali. Etapi, berkat ulasan ini, aku jadi penasaran juga sama Hyun Bin.

  8. Penasaran pengen berkunjung ke Korea Utara. Negara yg masih konservatif, mungkin kehidupan masyarakatnya seperti Indonesia tahunn 90an ya

  9. Aku belum nonton, mba.
    Walau di time line ramai banget yg ngebahas drama satu ini.
    Sy termasuk yg nonton kalau pensaran dengan cuplikan tontonan yg beredar 😀

  10. Salah satu yang menjadi daya tarik saya untuk nonton drakor itu adalah aktornya, Mbak. Kalau penampilannya enak dipandang, biasanya saya bakalan nonton drakornya sampai selesai wkwkwk.
    Apalagi kalau perannya yang romantis gitu ..LOL

  11. kalau saya sukanya sama Lee min-ho Mbak. tapi saya juga nonton kok Crash Landing on you. Emang pesonanya di situ memikat banget sebagai pemeran utama. ceritanya juga bisa mengaduk-aduk emosi. drama Korea The Best deh.

  12. Drama Korea Crash Landing on You ini memang the best banget lah pokoknya! Salah satu drakor terbarik di tahun ini. Ceritanya memang membuat kita seolah-olah berada langsung di setiap lokasi kejadian. Bahkan terkadang saya ngayal sendiri lagi ada di Korea Utara, nyeremin banget wkwkwkwk!

  13. Saya telat banget nih mbak… Enggak pernah tertarik nonton drakor soalnya saya ngerasanya aktor drakor itu mirip semua dan cantik-cantik, heuheu…
    Drakor pertama saya ya cloy ini, baru nonton pas anak libur lebaran kemarin… Ternyata langsung meleleh sama senyumnya hyun bin, hihihi…
    Sampe sekarang masih susah move on dari kapten ri… Baru sempet lanjut nonton confidential assignment aja… Penasaran sama the negotiation… Di situ recomended engga hyun binnya?

  14. Dulu banget aku ketawa ngakak pas nonton secret garden. Tapi sekarang kiblat hiburan aku udah pindah, jadinya ga terlalu glorify cowok2 kulit putih lagi haha. Ceritanya aku ga bisa relate, jadinya ya ga aku tonton. Tapi mungkin aja entar aku berubah pikiran haha.

  15. Saya malah nonton Memory of Al Hambra dulu baru Crash Landing on You. Saat sebel di MoAL yang endingnya ngeselin, akhirnya ketemu lagi Hyun Bin dengan ending yang manis. Bahagia deh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *