Inilah 5 Benda Sepele yang Membuat Traveling Menjadi Tenang

Aaah… ketinggalan!

Kelupaan handphone saat keluar rumah, cuma untuk ke kantor atau nge-mall, berasa ada yang kurang, kan, ya. Mati gaya total. Apalagi kalau sedang keluar kota. Gadget dan segala perkakasnya jangan sampai lepas! Meskipun kecil dan sepele, tetap saja bikin gondok karena ‘amunisi’ tidak lengkap.

Nah, di antara semua printilan wajib-bawa saat traveling, ada 5 benda yang harus saya pastikan selalu ada di dalam ransel.

1. Charger

Entah charger ponsel atau charger kamera, pokoknya harus ada. Pernah, saat membutuhkan, saya tidak menemukan casan hp. Semua isi tas sudah dikeluarkan, dan juga sudah bertanya kepada resepsionis, siapa tahu ketinggalan saat tadi bersantai di lobi, tetap alat yang bisa terhubung dengan USB itu tidak saya temukan.

Hilang, deh, batin saya. Untung charger kamera ada kabel USB-nya, jadi bisa dimanfaatkan meskipun lebih lambat. Eh, begitu pulang, kantong berisi kabel-kabelan terlihat ada di atas kasur. Bukan main senangnya.

2. Baterai kamera cadangan

Sekarang, lantaran kemampuan fotografinya masih cetek, saya hanya mengandalkan baterai bawaan kamera. Belum sanggup beli cadangannya.

Tapi dulu, saya pernah punya kamera, yang sengaja saya beli baterai cadangannya lantaran hasil potret kamera ponsel saya tidak memuaskan. Dulu saya pernah tinggal Jepang. Sayang, kan, di tempat seelok itu hasil fotonya biasa-biasa saja, dan dikit.

Lagian, saya pernah, nih, dibilangin sama seorang fotografer handal, bahwa setiap bepergian, dia selalu membawa, paling tidak dua baterai cadangan. Apes banget kalau kehilangan momen cuma karena kamera mati, katanya.

3. Memory card

Setali tiga uang, fotografer handal yang saya temui itu juga menyarankan untuk memiliki lebih dari satu memory card. Emang, terkadang saya sering lupa memindahkan hasil foto setelah kembali ke rumah.

Teman-teman saya yang hobinya motret juga saya lihat memiliki beberapa memory card. Yaaa, selain buat menyimpan foto, juga buat back-up.

Nah, setidaknya harus punya satu kartu tambahan. Pas sadar lupa mindahin foto dari traveling sebelumnya, kan langsung bisa ganti kartu tanpak repot menghapus gambar-gambar lama yang dianggap jelek. Siapa tahu nanti butuh.

4. Tongsis

Aha! Ini, sih, untuk kita-kita yang senangnya solo traveling. Meskipun terkadang tidak digunakan, tetap ada perasaan tenang kalau melihat wujudnya di dalam tas.

Tapi… kadang ribet juga tongsis atau monopod ini. Mesti mengatur-ngatur posisi biar pas komposisi wajah dan latarnya. Belum kalau kamera depannya kurang yahud.

Makanya, kadang mending pakai tongsis atau tongbro (tolong, sist/ bro) buat dimintai tolong moto. Tongsis baru keluar saat cuma ada kita sendiri.

5. Power bank

Rumornya, pemakaian power bank itu kurang bagus untuk gadget, tapi, daripada mati hp, terus mati gaya pas liburan, mending punya, deh. Tidak perlulah yang kapasitasnya besar, sekadar cukup untuk bikin handphone tetap on selama dibutuhkan saja sudah cukup.

Sebelum berangkat saya pastikan betul alat ini fully charged. Kalau sudah digunakan, ngecasnya pas jam tidur, jadi bisa lama dan tidak terganggu.

Dulu, sempat saya nggak mau punya benda ini, karena itu tadi, belum menganggapnya urgent. Kemudian, ketika ngetrip di lokasi minim listrik, dan hp lowbat, baru menyesal. Apalagi pas lihat kebanyakan teman memilikinya. Nggak enak rasanya mau numpang.

Lalu saya beli yang berdaya kecil, karena murah. Ternyata hp-saya yang sekarat. Baterainya cuma bertahan sesaat. Rencana pingin beli, nggak pernah jadi. Sampai akhirnya menang lomba live twit yang hadiahnya power bank.

Kapasitasnya lebih besar dari yang pertama, tapi masih jauh di bawah standar yang ditetapkan oleh maskapai penerbangan, sehingga aman dibawa ke kabin.

Benda ini pernah juga kelupaan dibawa pas traveling. Alhasil, saya eman-eman pakai hp.

Itulah perintilan yang selalu saya bawa setiap ngetrip. Bagi yang belum punya dan baru kepikiran beli cadangan benda-wajib-bawa-pas-traveling-nya, silahkan dicari. Sayang banget kalau lagi main ke tempat bagus, dokumentasinya cuma dikit.

5 benda sepele yang membuat traveling saya tenang

Semua benda di atas bisa dibeli online, dari charger sampai yang jual power bank, ada. Kalau mujur, bisa kebagian promo terbaru yang harganya jauh lebih murah daripada beli langsung di toko.

Tapi, sebelum jalan, pastikan dulu semuanya siap pakai.

Bagaimana dengan kamu? Benda sepele apa saja yang kudu dibawa supaya jalan-jalannya tenang dan senang?

1 Reply to “Inilah 5 Benda Sepele yang Membuat Traveling Menjadi Tenang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *