Menebar Pesona Indonesia Bersama KOPI

Sebenarnya sudah lama saya ngeblog, bahkan sudah menjajal beberapa platform. Dari rasa senang hingga kekesalan, saya tumpahkan ke dalam blog. Kala itu isinya masih random, dan jadidet alias jarang di-update.

Namun, sejak dua tahun lalu saya merasa menemukan passion yang sebenarnya, dan seperti punya semangat untuk terus menulis. Lalu, bertekad untuk fokus di niche tersebut.

Adalah pengalaman traveling yang membuat saya begitu antusia dan serius menjadi blogger. Dan secara perlahan berani mengaku sebagai travel blogger. Saya memang suka jalan-jalan, dan mendapatkan banyak pengalaman berharga selama melakukannya.

Setiap akan bepergian, saya pasti melakukan riset tentang segala sesuatu terkait destinasi. Selama masa pencarian informasi inilah saya banyak membaca travel blog. Bacaan-bacaan tersebut menyadarkan saya bahwa blog dan traveling sudah ditakdirkan untuk berjodoh.

Memang, tidak semuanya cerita bahagia, tapi ketika membaca kisah buruk para pejalan, saya memetiknya sebagai pelajaran. Inilah yang membuat saya terinspirasi untuk berbagi pengalaman. Semuanya kisah nyata, karena lebih mudah untuk ditulis. Saya merasa bahwa apa yang saya alami bisa dijadikan contoh dan sumber informasi.

Ujung-ujungnya, tujuan hidup saya untuk menjadi berguna bagi banyak orang, akan tercapai.

Sejalan dengan niat baik di atas, saya banyak bergabung dengan komunitas blogger, khususnya melalui internet. Niatnya, agar bisa belajar, bergaul, dan membentuk jejaring bersama like-minded people. Terakhir, saya membaca tentang KOPI, singkatan dari Koalisi Online Pesona Indonesia. Menilik kegiatan dan para anggotanya, sungguh membangkitkan minat saya untuk menjadi bagian dari komunitas ini.

KOPIgb1
(Sumber: @KOPIKABARINDO)

KOPI merupakan gabungan antara para jurnalis dan blogger yang berada di bawah naungan AJOIN (Aliansi Jurnalis Online Indonesia) dan Kabarindo Utama. Anggotanya yang kerap disebut Kopiers berkomitmen untuk mengabarkan keindahan alam dan karya anak bangsa Indonesia.

Seperti diketahui, sebagai negara kepulauan dengan ribuan pulau, Indonesia menyimpan keindahan berupa keragaman seni, budaya, bahasa, kuliner, busana, dan objek wisata. Belum lagi potensi anak bangsa yang kreatif dan inovatif, menciptakan karya yang mengagumkan. Semua itu harus diapresiasi dan diinformasikan seluas-luasnya kepada dunia luar.

Komitmen untuk menyampaikan berita positif inilah yang menjadikan KOPI istimewa. Sebuah kontribusi anak bangsa melalui media online, bukan semata mengejar traffic. Untuk menegaskan hal tersebut, komunitas yang terbentuk pada 26 November 2015 ini menghasilkan deklarasi yang dikenal sebagai Deklarasi KOPI.

(Sumber: www.bungeko.com)
(Sumber: www.bungeko.com)

Tampak jelas, apa yang saya lakukan selama dua tahun terakhir, relevan dengan ketiga poin di atas. Melalui blog ini saya ingin menggugah pembaca agar bepergian dan menikmati kecantikan di setiap sudut Indonesia. Meskipun kecil, saya punya peran positif terhadap NKRI.

Kesannya serius, ya, KOPI. Nyatanya, komunitas yang terhitung baru terbentuk ini banyak melakukan aktifitas seru, misalnya nonton bareng film karya anak bangsa, dan kumpul-kumpul sambil berdiskusi santai dengan tokoh-tokoh berpengaruh di Indonesia. Di luar itu pasti masih banyak kegiatan lain yang tidak kalah menyenangkannya.

Sebagai pendatang baru, besar harapan saya untuk bertemu dengan Kopiers lainnya. Apalagi, KOPI akan merayakan satu tahun keberadaannya dengan tagline Pesta KOPI Sapa Dunia. Tokoh-tokoh yanga akan dihadirkan pun sangat inspiratif, dari Arief Yahya (Menteri Pariwisata), Asma Nadia, Dewi Lestari (Penulis), Giring Nidji, hingga Tung Desem Waringin (Motivator). Saya percaya akan banyak percikan energi positif saat berbincang dan dikelilingi para Kopiers. Siapa tahu kami juga akan berkolaborasi dalam menebarkan pesona Indonesia.

I canโ€™t wait.

syarat peskop baru

20 comments Add yours
  1. Saya juga ikut tergugah dan bangga memperkenalkan keistimewaan serta kearifan lokal tiap sudut kota penuh cerita.keren banget nih komunitas KOPIโ˜บโ˜บ

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *