Travel Blogging Makin Mudah dan Asyik dengan Samsung Galaxy A5

Memutuskan serius menjadi blogger bergenre travel, memiliki komputer dan laptop saja tidaklah cukup. Media tulis tersebut harus ditunjang dengan perangkat lain yang lebih fleksibel karena traveler, kan, biasanya sering bepergian. Ribet kalau harus membawa laptop. Belum kalau lokasinya terjal dan basah, berisiko rusak.

Ngeblog di zaman sekarang, bukan lagi sekadar rangkaian kalimat yang renyah dibaca, tapi juga harus mampu menghibur dengan gambar dan video. Faktanya lagi, blogger di era millennial ini tidak terlalu dituntut untuk menulis panjang. Blogger cukup memajang satu atau beberapa foto yang disertai caption menarik, atau video singkat dengan narasi efektif. Makanya ada istilah vlogger untuk menyebut video blogger.

Sebegitu sederhanya dunia per-blog-an sekarang, tetapi menuntut peralatan dan usaha yang canggih. Dengan ‘senjata’ itu, blogger atau vlogger harus bisa menangkap momen indah dengan jernih sehingga memikat orang untuk menikmatinya.

Tapi, gadget canggih tidaklah murah. Berbanding lurus, semakin yahud fitur dan kapasitasnya, semakin tinggi pula harganya. Oleh sebab itu, seorang blogger dituntut menjadi pribadi yang kreatif. Bagaimana caranya memaksimalkan alat yang ada untuk menghasilkan bacaan atau tayangan yang berkualitas dan bermanfaat.

Oleh sebab itu, smartphone dan kamera adalah ‘alat perang’ yang harus dimiliki seorang blogger. Ingin lebih praktis, smartphone yang dilengkapi kamera mumpuni adalah jawabannya. Apalagi bagi seorang travel blogger, satu smartphone hanya perlu disimpan di kantong celana. Sama sekali tidak mengganggu pergerakan ke destinasi manapun. Ada obyek menarik, tinggal keluarkan ponsel. Tidak perlu menunggu lama untuk mengatur lensa jika memotret dengan DSLR. Setelah itu, langsung bisa dipajang di akun Instagram atau media sosial lainnya.

Secara tidak langsung, smartphone adalah alat dokumentasi sekaligus penyimpan memori. Jika sekarang cukup di-posting dengan caption pendek, nanti akan dikembangkan dalam bentuk blogpost. Kalau lupa pengalaman perjalanannya seperti apa, tinggal buka album foto. Belum kalau diminta sebagai buzzer, ponsel akan berfungsi sebagai mesin pencari uang.

Begitulah kira-kira pentingnya telepon pintar bagi seorang blogger. Jika ada waktu senggang dalam perjalanan, dia mungkin akan menulis draft tulisan di ponselnya. Entah di email atau di aplikasi khusus. Lain waktu, dia akan mengedit foto dan video melalui ponselnya. Pokoknya, hanya dengan satu alat di tangan, kegiatan traveling dan blogging tetap bisa berjalan harmonis.

Nah, bisa bicara soal gadget pendukung, ada satu android yang sepertinya cocok untuk para blogger, yaitu Samsung Galaxy A5. Yang pernah menggunakan produk Samsung mungkin telah terbiasa dengan segala fasilitasnya, tapi ada beberapa poin menarik mengenai Samsung Galaxy A5 ini:

  1. Tampilannya klasik dan elegan dengan layar berukuran 5,2” dan berat sekitar 1,5 gram, sangat pas di genggaman dan di kantong.
  2. Memiliki Sertifikat IP68 yang berarti bisa bertahan di dalam air hingga kedalaman 1,5 meter selama 30 menit. Dengan kualitas ini, membuatnya tidak akan rusak bila tersiram air atau terkena debu, jadi tidak perlu pusing dengan plastik anti air kalau dibawa basah-basahan;
  3. Memiliki autofocus dan resolusi kamera depan dan belakang yang sama, yaitu 16MP. Dengan begini, mau memotret dari arah manapun, termasuk selfie, kualitas gambarnya akan sama-sama memuaskan. Bagus buat bikin video juga, pasti;
  4. Kapasitas besar untuk baterai, yaitu 3000MAh dengan waktu pengisian yang singkat. Benar-benar sangat pas dibawa berkegiatan outdoor;
  5. Dilengkapi dengan internal memori sebesar 32 GB hingga 256 GB untuk memori eksternal, membuatnya mampu menyimpan data multimedia dalam jumlah banyak. Dengan kapasitas ini, pengguna bisa menjalankan lebih dari satu aplikasi;
  6. Dilengkapi Dual SIM yang artinya tidak akan menghalangi pemiliknya untuk tetap terkoneksi di manapun berada.

Asyiknya, dengan semua kelebihan di atas, ponsel ini dijual dengan harga relatif terjangkau. Buktinya bisa dilihat di mataharimall.com.

Well, dengan Samsung Galaxy A5, aktivitas sebagai travel blogger akan lebih mudah dan menyenangkan. Mau traveling sambil ngeblog dan nge-buzz, atau sebaliknya, bisa diakomodasi oleh smartphone keluaran Samsung ini.

3 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *