BARDI SMART LIGHT BULB DAN SMART IR REMOTE, 2 PRODUK PINTAR UNTUK RUMAH MASA KINI

Senang banget akhirnya kesampaian memiliki produk pintar BARDI di rumah. Belum semua sih, nyicil aja dulu. Kali ini baru punya BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW dan Smart IR Remote.

BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW dan Bardi Smart IR Remote
2 produk BARDI: Smart Light Bulb 9W RGBWW dan Bardi Smart IR Remote

Keduanya memang nggak saling berhubungan. Tapi sama-sama bisa dikendalikan dengan smartphone yang terhubung dengan jaringan Internet. Yup, Internet, mau itu WiFi atau hotspot, Internet adalah kunci dari produk ini. Apalagi kalau menyalanya 24 jam.

Sementara untuk mengendalikannya, harus install dulu aplikasi BARDI Smart Home atau Smart Life. Tapi, bisa juga dikendalikan dengan Google Assistant (Google Home) dan Amazon Alexa, jadi kasih perintahnya, pakai suara kita, tinggal ngomong, kayak di film-film.

BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW

Bohlam Bardi berdaya 9 watt ini, penampakannya sama saja dengan bohlam kebanyakan. Bedanya, bola lampu ini hanya bisa menyala saat terkoneksi dengan Internet. Ketika koneksi putus, lampu tidak akan hidup meskipun dinyalakan secara manual.

Menyalakan BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW

  1. Pertama-tama, pastikan ada koneksi Internet di rumah. Lalu pasang lampu pada dudukannya.
  2. Install aplikasi Smart Life atau BARDI Smart Home pada handphone.
  3. Register dan sambungkan perangkat dengan WiFI.
  4. Pilih produk BARDI yang ingin diaktifkan, dalam hal ini: Lighting: Light Source (Wi-Fi)
  5. Tinggal ikuti petunjuk yang ada di Buku Petunjuk

Pengalaman saya, karena baru kali itu mencoba produk smart home, perlu beberapa kali coba supaya bisa tahu hasilnya. Beberapa kali hilang sinyal. Tapi berkat kesabaran, akhirnya berhasil.

Asyik banget kalau punya lampu ini. Benaran. Buat saya, ini cocok jadi lampu kamar, karena warnanya bisa diatur-atur sesuai mood dan selera. Lebih-lebih buat yang nggak biasa tidur dalam keadaan gelap total. Warna lampu bisa diatur remang-remang, bahkan biru dan merah.

BARDI Smart Light 9W RGBWW
2 warna yang dihasilkan dari BARDI Smart Light 9W RGBWW

Seperti alarm, lampu ini juga bisa diatur kapan harus nyala, dan kapan harus padam. Misalnya, pas mau tidur sengaja terang, tapi diatur beberapa jam kemudian, setelah terlelap, lampunya akan mati sendiri.

Spesifikasi Smart Light 9W RGBWW

Lampu ini memiliki kecerahan maksimal di 900 Lumen dan bisa diredupkan hingga 90 Lumen. Kombinasi warna RGB (Red Green Blue) hingga 16 juta warna dan gradasi putih dari 2700 k (warm white) hingga 6500 k (cool white). Ini spesifikasi lengkapnya:

  • Model: 9W – RGBWW
  • Voltase: AC 200 – 3—Volt
  • Sistem Support: IOS dan Android OS
  • Mounting: e27 Edison Screw
  • Masa Pakai: 50.000 jam
  • Maximum Power: 9W
  • Maximum Lumen: 900
  • Temperatur Putih: 2700 – 6500 K

BARDI Smart IR Remote

BARDI Smart IR Remote adalah pemancar infrared pintar yang bisa dikendalikan melalui aplikasi selama ada WiFi atau hotspot. Bentuknya seperti lempengan pipih berwarna hitam.

Penggunaannya harus selalu terhubung dengan sambungan listrik. Itu sebabnya dalam kemasannya juga disertakan kabel USB dan adaptor.

Mengaktifkan Smart IR Remote

Proses mengaktifkan BARDI Smart IR Remote sama persis dengan cara menyalakan BARDI Smart Light di atas. Bedanya hanya di bagian pemilihan produk. Kali ini yang pilih adalah Others: Universal Remote Control

Smart IR Remote ini bisa digunakan sebagai pengganti remote control benda-benda elektronik di rumah. Biasanya pada alat-alat yang menggunakan infra merah, seperti televisi, AC, atau kipas angin.

Tapi, pastikan bahwa merk benda-benda tersebut ada dalam daftar produk BARDI yang muncul pada smartphone. Kalau tidak ada, bisa diduplikasi sinyal infrared dari remote lama ke remote BARDI.

Spesifikasi BARDI Smart IR Remote

BARDI Smart IR Remote ini memiliki jangkauan sekitar 10 meter dengan sudut infrared sebesar 360 derajat. Spesifikasi lengkapanya adalah:

  • Model: 10M – BLK
  • Warna: Hitam
  • Voltase: DC 5V 1A w/ 220 V Adaptor
  • Sistem Supporr: IOS dan Android OS
  • Frekuensi Infrared: 38 – 56 KHz
  • Sudut Infrared: 360º
  • Jarak Infrared: 10 m

Harga BARDI Smart Light Bulb dan Smart IR Remote

Kedua produk BARDI yang miliki ini dibandrol dengan harga Rp176.000 untuk BARDI Smart Light Bulb 9W RGBWW, dan Rp246.000 untuk Smart IR Remote. Pembeliannya saya lakukan melalui e-commerce.

Lumayan juga ya, harganya. Tapi setimpal dengan kepraktisan yang didapatkan. Apalagi kalau penggunanya adalah pekerja sibuk, yang berharap tiba di rumah bisa santai menyalakan alat eletronik tanpa harus kular-kilir mencari saklar lampu atau remote control. Semua ada dalam genggaman, yaitu smartphone yang selalu dibawa-bawa.

Kebayang kan, kalau rumah isinya sudah produk pintar semua. Ditambah koneksi Internet yang menyala nonstop. Kalau lagi mager, kontrolnya bisa dari jauh, bahkan bisa sambil ngomong kalau dikendalikan dengan Google Home.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *