qlapa.com: Rumahnya Produk Etnik dan Unik Khas Indonesia

Saya punya bahan batik. Tapi belum tahu mau dibikin apa. Yang pasti, sih, atasan. Tapi masih bingung modelnya. Maunya yang casual, tapi masih pantas dikenakan ke kantor atau acara formal.

Lantaran belum ketemu model yang pas inilah, kain-kain itu masih anteng tersimpan di lemari. Pernah dililit-lilit jadi bawahan saat menghadiri pesta kawinan, tapi, kok, rasanya sayang. Kepinginnya jadi baju biar bisa sering dipakai.

Saya ragu membawanya ke tukang jahit. Jujur, sampai sekarang belum menemukan penjahit yang bisa merealisasikan selera fashion saya. Selalu kurang puas saya dibuatnya.

Belum lama ini saya menjahit blus batik. Modelnya sudah saya tunjukkan, bahkan fotonya saya kirim lewat WA supaya bisa terus dilihat. Begitu jadi, penjahitnya terkesan berimprovisasi sendiri. Tadinya sepakat tidak pakai puring, begitu diambil, malah ada puring. Terus janji akan menggunakan kancing yang dibungkus dengan bahan yang sama dengan baju, kenyataannya, pakai kancing plastik meskipun warnanya senada. Untunglah tidak terlalu parah, saya hanya senyum dan melunasi pembayaran.

Saat ini saya memang sedang pingin blus batik, karena koleksi yang ada kebanyakan sudah lama. Bosan, yang dipakai itu-itu terus, dan warnanya juga mulai pudar. Tapi sekali lagi, belum ketemu model yang disuka. Cari-cari di Internet, belum ada yang mantap di hati.

Suatu hari, saat sedang asyik scrolling feed Instagram, muncul foto perempuan mengenakan batik. Dua-duanya saya suka, ya orangnya, ya bajunya. Cantik. Langsung saya kepo. Ternyata iklan qlapa.com.

Penasaran, saya geser-geser gambarnya. Bagus-bagus. Saya suka dan mau semua. Tanpa mikir lama, saya klik nama akunnya. Isinya bukan pakaian doang, ternyata. Makin penasaran, segera saya membuka laman situsnya. Berharap ada batik yang sesuai dengan selera saya.

Taraaa… ada banyak kreasi etnik dan unik buatan para pengrajin dari seluruh Indonesia. Bukan cuma produk fashion untuk wanita, pria, dan anak, ada juga pernak-pernik rumah dan dekorasi, gadget dan peralatan, kuliner, produk perawatan dan kecantikan, serta kebutuhan pesta dan hadiah. Bahkan, ada pilihan editor. Lengkap.

Langsung, naluri low budget traveler saya nyeletuk. Cocok, nih, buat yang suka minta oleh-oleh. Tinggal suruh mereka cari sendiri di qlapa.com kalau mau kerajinan tangan khas dari daerah lain di Indonesia. Ongkos kirimnya GRATIS selama sesuai dengan syarat dan ketentuan.

Selain puas cuci mata, juga turut berpartisipasi membantu para pengusaha kecil dan menengah (UKM). Kita langsung membeli barang hasil karya tangan mereka, langsung dari pengrajinnya, karena qlapa.com adalah Rumahnya Produk Handmade Indonesia. Mhm, cucok! Daripada membebani orang yang lagi traveling.

Ah, saya jadi tergoda melihat apa saja yang tersedia. Siapa tahu ada aksesori atau perintilan menarik. Tapi saya harus tahan keinginan itu untuk sementara waktu. Fokus dulu mencari baju batik.

Aaah… makin bingung. Banyak banget pilihannya. Warna dan desainnya keren-keren. Kualitasnya juga premium, karena telah melewati seleksi ketat dari tim qlapa.com.

Ingatan saya langsung lompat-lompat. Teringat baju lebaran, teringat pesta kawinan teman, dan saya belum tahu mau pakai baju apa, sementara tempo hari sudah membeli bawahan polos yang cocok dipadukan dengan tunik berpotongan asimetris. Teringat acara bulan depan yang dresscode-nya baju nusantara. Teringat macam-macam, pokoknya, yang mengoda saya untuk belanja baju, lengkap dengan celana atau rok, sepatu, dan aksesorinya. Andaikan punya pohon uang…

Beberapa atasan wanita yang ada di qlap.com

Situs seperti ini sangat bermanfaat, bukan hanya bagi konsumen, tapi juga produsennya. Seperti diketahui, banyak pengrajin lokal yang memiliki produk berkualitas tetapi media jualnya terbatas. Dengan adanya qlapa.com, mereka memiliki “gerai” di seluruh Indonesia. Tugas mereka hanya menciptakan karya berkualitas yang mengikuti selera pasar.

Selain itu, qlapa.com juga “memaksa” para pengarajin lokal untuk melek teknologi dan informasi. Berdagang di zaman sekarang tidak harus dengan memiliki toko dan ditunggui. Ada yang namanya media digital. Tinggal tunjukkan foto, harga, dan informasi yang jelas tentang barangnya, pembeli akan memilih sendiri apa yang mereka butuhkan. Bisa ngobrol antara pembeli dan penjual kalau memang diperlukan, tetapi tidak akan ada tawar-menawar panjang yang berujung dengan kalimat “Nanti, ya, mau lihat-lihat dulu.”

Sadar bakal sering dibuka, saya install aplikasi qlapa di ponsel. Siapa tahu nanti mau cari kado atau dekorasi rumah.

Terkadang, saya rela membawa buah tangan untuk diberikan kepada teman baru yang saya jumpai saat bepergian, khususnya saat di luar negeri. Saya biasa membawa sesuatu yang khas dari daerah saya, entah makanan atau suvenir ringan yang tidak makan tempat di dalam tas.

Namun, ada kalanya barang yang diinginkan itu hanya diproduksi di kota lain. Nggak mungkin terbang ke sana demi membeli setengah lusin syal, misalnya. Solusinya, ya, harus belanja online. Lebih praktis. Pun, bukan hanya untuk orang lain, belanja produk handmade Indonesia untuk diri sendiri, juga sah-sah saja. Apalagi kalau orang yang hobinya koleksi hal-hal berbau tradisional.

Dulu, saya pingin banget punya blus lurik. Lantaran semua harganya relatif mahal, keinginan itu saya pendam. Pas buka qlapa.com, ketemu blus lurik lagi, tapi modelnya berbeda dari yang saya mau. Harga dan modelnya lebih simple, tapi saya suka. Coba-coba, pingin tahu bagaimana prosesnya pemesanannya, saya klik kotak “Tambah ke Keranjang”.

Easy peasy. Yang agak beda, karena bendanya buatan tangan asli, ada beberapa produk yang harus pre-order beberapa hari. Tidak masalah, karena ini situs terpercaya, dengan jaminan uang kembali jika barang rusak atau batal.

Setelah semua mekanisme order dilalui hingga ke metode pembayaran, akan ada email yang masuk mengenai rincian pemesanan. Tinggal bayar. Selesai.

Qlapa: Pilih produk handmade yang diminati – Bikin akun supaya terdata – Bayar agar barang segera dikirim

Kalau sudah begini, kain batik yang saya punya sepertinya akan terlipat rapi lebih lama di dalam lemari. Nantilah dipikirkan lagi. Cari-cari inspirasi model dulu di qlapa.com.

Bagi kalian yang punya kemiripan isu dengan saya soal tukang jahit dan soal oleh-oleh, mending melipir ke qlapa.com, deh. Alasannya: banyak pilihan busana dan barang lainnya, eksklusif karena dibuat secara manual, ikut andil dalam memajukan produk lokal tanah air, transaksi aman, gampang, dan terpercaya, serta yang paling penting, jaminan mutu.

12 comments Add yours

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *